PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Temu Lapang Produksi Benih Bawang Putih Mendukung Pengembangan Kawasan Jatim


PANTAUTERKINI.CO.ID - JATIM Tanaman Bawang Putih merupakan salah satu bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bahan dasar makanan untuk menciptakan cita rasa yang khas pada menu sajian makanan dalam bentuk apapun. Maka dari itu petani Indonesia sebagai soko guru jasanya terhadap bangsa ini sungguh tak terhingga. 

Melalui Kementrian Pertanian menetapkan pada tahun 2021 sebagai tahun swasembada Bawang Putih Nasional. Mendukung program tersebut dalam upaya BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Jawa Timur telah melakukan produksi benih bawang putih varietas nasional hasilnya sangat memuaskan dan cocok untuk ditanam oleh petani jawa timur sebagai peningkatan sumber ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan konservasi yang tersedia. 

Rabu (11/04) kemarin bertempat dilahan ladang pertanian dusun punjul desa wonokerto kecamatan sukapura kabupaten probolinggo, BTBP Provinsi Jawa Timur telah mengadakan kegiatan temu lapang produksi bawang putih mendukung pengembangan kawasan di jawa timur dihadiri oleh kepala BTBP jawa timur Dr. Ir. Chendy Tafakresnanto, MP. 
Juga hadir kepala dinas pertanian kabupaten probolinggo Ahmad Hasyim Ashari beserta para petani bawang putih, terlihat antusiasme warga dalam menyambut program pertanian tentang swasembada bawang putih sehingga petani khususnya yang ada diwilayah sukapura ini selalu siap dalam menyongsong program tersebut. 

Menurut petugas pertanian pengawasan benih tanaman dari UPT Sertifikasi Benih dan Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Timur M. Syaifudin Malik yang selalu setia mendampingi serta mengajak para petani untuk selalu eksis dan konsisten dalam melaksanakan pekerjaan sebagai petani yang baik dan profesional terutama fokus pada program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mensukseskan program swasembada bawang putih. 

Diawali dari para petani yang ada didaerah sukapura kabupaten Probolinggo sudah terlihat hasilnya cukup signifikan dan bisa dipergunakan sebagai pembibitan selanjutnya untuk dikembangkan bisa ditanam oleh para petani disekitarnya bahkan diseluruh area lahan pertanian yang ada di kabupaten Probolinggo, khususnya menjadi andalan varietas bawang putih bernama lembu kuning dan lembu hijau yang nantinya akan menjadi unggulan hasil produksi para petani dikawasan daerah gunung bromo. “ungkapnya. 

Mas Udin panggilan akrabnya menjelaskan bahwa mengingat waktu yang lalu konon tanaman bawang putih diprobolinggo pernah menjadi produk unggulan pertanian yang luar biasa bagi para petani Probolinggo, namun dengan merosotnya harga bawang putih kala itu begitu rendah sehingga para petani saat itu menjadi kolep akhirnya gulung tikar. 

Menyongsong program dari kementerian pertanian dengan swasembada bawang putih 2021 melalui pendampingan ekstra dari BTBP Jawa Timur disertai skill petugas pendamping dan pengawasan dari kementerian dan dinas pertanian kabupaten Probolinggo, maka dipelopori masyarakat petani punjul wonokerto sukapura bertekat akan mensukseskan program yang di maksud, pungkasnya. (Suly) 

Panter Redaksi

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata