PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Telah Diakui Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, Puluhan Warga Pande Alami Trans Di Denpasar Bali



PANTAUTERKINI.CO.ID  DENPASAR, - Puluhan Warga Pande mengalami trans pada prosesi madewa ayu rangkaian dari upacara penganyaran di Penataran Ratu Bagus Pande Besakih, Selasa (17/4). Dalam kondisi itu, mereka yang mengalami trans tampak ngurek dengan tujuh bilah keris yang disiapkan krama penganyar.

Mereka yang mengalami trans dan melakukan ngurek pada prosesi madewa ayu itu berasal dari kalangan anak-anak, remaja, hingga yang sudah dewasa. Ada yang ngurek dengan satu bilah keris, ada juga yang menggunakan dua bilah sekaligus.

"Ini upacara madewa ayu, rangkaian upacara penganyaran di Pura Penataran Bagus Pande Besakih. Dalam hal ini, keris digunakan sebagai panyidakarya, mengakhiri upacara," kata pangrajeg karua, Jero Mangku Buda Arsana, Selasa (17/4).

Ia menjelaskan, keris merupakan identitas dari warga pande. Dalam tradisi kepercayaan masyarakat di Bali dan Nusantara, senjata yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2005 itu dinilai bukan sekadar hasil kebudayaan. Keris dapat dijadikan sebagai sarana wali, bali-balihan (hiburan), dan pusat pengetahuan.

"Dalam Siwagama Sasana, leluhur pande menggunakan dua jempol kakinya sebagai alat untuk menajamkan (manglandep) keris. Oleh karena itulah berhak disebut mpu," katanya.

Selain itu, warga pande juga diingatkan agar ingat dengan bisama leluhur yang menyuratkan "Kadyaning pang ning kayu ana wah ana tan wah", dimana hendaknya seorang manusia hendaknya berlaku seperti pohon. Tidak hanya kayunya saja yang bisa dimanfaatkan. Jika ada daunnya dapat digunakan sebagai peneduh, namun jikapun tidak ada, ranting-rantingnya yang sudah matipun bisa dimanfaatkan untuk menghidupi generasi selanjutnya.

Palaksanaan yang digelar dari sekitar pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita itu diikuti ratusan Warga Pande dari berbagai daerah, termasuk di luar Bali. Upacara dipuput oleh Sira Empu Dharma Agni Yoga Sogata dari Gria Taman Giri Candra Batubulan. Sebagai pengrajeg karya adalah Jero Mangku Buda Arsana dan I Gede Santika. Sementara sebagai panglimgsir adalah Jero Gede Ratu Pande Besakih.(Ngurah)

Panter Redaksi

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata