HARI BUMI.., Brebes Fokus Tanam Ratusan Pohon di Lokasi Longsor


PANTAUTERKINI.CO.ID, BREBES - Bertepatan dengan Hari Bumi, sebanyak 350 orang melakukan penanaman pohon di lokasi Longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Minggu (22/04). Ratusan jenis pohon ditanam secara serentak, sebagai upaya penghijauan kembali atau reboisasi.

Pegunungan Lio menjadi titik lokasi yang diprioritaskan karena menjadi musibah longsor pekan lalu , Selain itu, kegiatan ini juga sebagai perhatian pemerintah dalam menanggulangi bencana susulan diwilayah tersebut.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono mengatakan, jumlah total yang ditanam ada 850 pohon. Jenisnya terdiri dari tanaman durian, rambutan, petai, jambu dan alpukat. "Pasca bencana, bersama-sama menanam berbagai pohon sebagai upaya reboisasi lokasi," katanya.

Selanjutnya, penanaman difokuskan pada tebing-tebing bekas longsoran. Sebab, dengan masih tingginya curah hujan, kata dia, perlu adanya upaya pencegahan pengikisan tanah susulan.

"Kalau melihat areal longsoran, reboisasi kurang lebih dilakukan pada satu hektaran," ujar Dandim 0713/Brebes (CN/widodo)

Post a Comment

Post a Comment