» » » » Bupati Brebes "Kaum Wanita Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata"

Bupati Brebes "Kaum Wanita Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata"

Penulis By on 20 April 2018 | No comments



PANTAUTERKINI.CO.ID  BREBES – Pemerintahan Kabupaten Brebes menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 139 tahun 2018 di Pendopo Kabupaten Brebes, Upacara yang dipimpin oleh  Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, MH. Jumat (20/4/2018), menjadi momentum bagi bangkitnya kaum wanita di kabupaten Brebes.

Hj. Idza Priyanti, SE, MH dalam sambutannya menyampaikan, Realita ditengah-tengah kehidupan modern ini, wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, lebih dihargai dan dihormati, saat ini banyak wanita dalam meniti karier, pendidikan bahkan jabatan melebihi kaum pria. Wanita sekarang ada yang menjadi menteri, direktur Perbankan dan sebagainya, terangnya

Kalau kita menengok dari sejarah masa lalu, sejarah kepemimpinan wanita, sudah ada sejak jaman kerajaan majapahit. Dimana Ratu TribuanaTungga Dewi memerintahkan kerajaan majapahit, Ratu Sima memimpin Kerajaan Kalingga dan Ratu Kalinyamat berkuasa di Jepara. Di jaman perjuangan ada Cut Meutia, Cut Nyak Dien dari Aceh, ada Kristina Martina Tiahahu dari Maluku, dan tokoh lainya. Sedangkan jauh di jaman Rosulullah sudah ada Siti Khatijah, Aisyah dan Fatimatuz Zahra, yang menjadi wanita panutan umat islam.

Selanjutnya  di kabupaten Brebes khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program yang harus menjadi focus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak, antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan (AKI) dan angka kematiaan bayi (AKB). Pendidikan dasar 12 tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam melestarikan lingkungan hidup, dan lain sebagainya. (CN)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya