DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat II Kota Depok Gelar Forum Renja Tahun 2019


Depok, Pantauterkini.co.id - Sekretariat DPRD Kota Depok menggelar forum rencana kerja tahun 2019 guna membahas pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah sesuai pagu indikatif yang disediakan.

Forum Renja dibuka Wakil Ketua DPRD Depok, H. M Suparyono dihadiri Asisten Pemkot Depok Agus Suherman, Ketua Bappeda, Inspektorat, dan Badan Keuangan Daerah.

Menurut Suparyono, forum renja Sekretariat DPRD Depok merupakan forum untuk melakuka pembahasan tentang kegiatan dan sinkronisasi atas usulan dari anggota DPRD yang akan dilaksanakan tahun 2019, kemudian dituangkan dalam RKPD . Melalui RKPD ini Pemerintah Kota Depok akan dijadikan dasar penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara.

"Yang paling penting dalam kegiatan ini adalah penyusunan pokok-pokok pikiran dari anggota DPRD dari hasil reses maupun musrenbang. Penginputan pokir agar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga aspirasi yang masuk dalam skala prioritas dapat terealisasi untuk kepentingan dan kesehjateraan masyarakat Depok,"ujar Suparyono, akhir pekan lalu.

Pada tahun anggaran 2019, Sekretariat DPRD Depok telah menyiapkan tujuh proggram dan 38 kegiatan. Ketujuh program tersebut adalah peningkatan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan sumber daya aparatur, peningkatan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, peningkatan peran dan Tri fungsi DPRD Depok, peningkatan kualitas data dan perencanaan, dan peningkatan fungsi alat kelengkapan DPRD.

Sedangkan isu strategis Renja Sekretarias DPRD Depok tahun anggaran 2019, lanjut Suparyono, masih kurang sinergi dalam menanggapi peraturan terkait Perwal dan peraturan perundang-undangan yang digunakan oleh DPRD dan Sekretatariat. Keterlambatan materi Raperda dari Eksekutif untuk dibahas di DPRD sehingga waktu pembahasan tidak maksimal. Selanjutnya banyak kegiatan yang terfokus diakhir tahun anggaran sehingga menjadikan kegiatan yang ada tidak tertata dan terprogram sesuai mekanisme anggaran yang ada. Terakhir adanya dinamika politik yang berkembang di lembaga DPRD ikut mewarnai dalam kelancaran pengambilan keputusan.(dms)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6