PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

PDI Perjuangan Mendesak Fit and Proper Test Komisioner KPPU Segera Dilaksanakan


Jakarta,pantauterkini.co.id - Politisi PDI Perjuangan Darmadi Durianto menyesalkan jika ada upaya untuk menunda uji kelayakan dan kepatutan ( _test and proper test_ ) terhadap calon komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).


“Penundaan _fit and proper test_ akan menimbulkan ketidakpastian serta tugas dan fungsi KPPU menjadi tidak optimal,” ujar Darmadi Durianto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/3/2018).


Menurut Anggota Komisi VI DPR-RI ini, KPPU memiliki peranan penting untuk menjaga stabilitas ekonomi bangsa, khususnya terciptanya praktik-praktik bisnis yang berkeadilan, persaingan sehat dan anti monopoli.


"Kenapa tidak optimal, SK Presiden kan ber bunyi selama-lamanya dua bulan, komisioner yang ada sekarang cenderung membuat pelaksanaan kerja maksimum untuk satu minggu saja. Ini yang menimbulkan ketidakpastian bagi para komisioner. Ada juga komisioner yang tidak konsentrasi lagi di dalam bekerja, karena diduga sibuk mempertimbangkan tawaran pekerjaan lain,"ungkapnya.


"Tidak fokus nya komisioner otomatis menyebabkan tidak optimalnya peran dan fungsi KPPU,"tambah Darmadi.


Dia mengatakan, hasil pelaksaan program kerja yang melibatkan komisioner dibuat _weekly based_. Padahal pelaksanaan program kerja yang melibatkan _stakeholders_ pihak ketiga dan komisioner pasti memerlukan waktu yang cukup untuk mempersiapkannya.


“Nah, ini tidak berani dilakukan karena berkaitan dengan otoritas komisioner yang sekarang yang se waktu-waktu bisa selesai kalau ada _fit and proper test_ dan terpilih komisioner KPPU yang lama,”jelas Darmadi Durianto yang juga Koordinator Komite Ekonomi DPP PDI Perjuangan.


Dia juga mengungkapkan, banyak yang tidak menyadari KPPU itu ada dalam _network_ ASEAN, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan International Competition Network (ICN).


“Apa kata dunia terhadap Indonesia nantinya?, karena ini menyangkut _good governance of government of Republic Indonesia_,” kata Bendahara Umum Megawati Institute ini.


“Proses seleksi komisioner KPPU sudah dilakukan, mau tunggu apa lagi, tugas DPR tinggal menyatakan menyetujui atau tidak nama-nama yang disodorkan melalui _fit and proper test_,” pungkasnya.(Victor)


Nurita Djohadi

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daearh daerah daetah depok Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jakarta Jawa Barat jawatengah jawatimur Jokowi Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa peristuwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata

Epaper

Total Pageviews