PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Metatah massal yang di selenggarakan oleh Paguyuban Widya Swara di Griya Gede Manik Uma Jati Kepaon


Denpasar-Bali , Memotong  gigi juga ada efek sampingnya bagi kesehatan,  jika dilakukan dengan tidak benar, begitu yang disampaikan Jero Mangku drg Made Budiarsana dalam acara pembekalan bagi peserta metatah masal yang diselenggarakan  Paguyuban Widya Swara di grya Gede Manik Uma Jati Kepaon, kemarin.
     Pemotongan gigi, atau di Bali dikenal dengan matatah , bisa menyebabkan lapisan enamel ini terbuang dan lapisan di bawahnya terlihat. Padahal lapisan di bawah enamel, yaitu dentin, tidaklah sekeras enamel, dan terdiri dari pori-pori yang terdapat banyak ujung syaraf di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan  masalah pada kesehatan.

     Pada pelaksanaan  kegiatan ini,  paguyuban Widya Swara lebih menonjolkan dari aspek simbolik dengan tetap mengacu pada sastra dan mempertahankan  tradisi. Gigi hanya di potong kurang dari 2 mm,  karena pelaksanaan  ini bukan menonjolkan  estetika. Untuk estetika  dipersilahkan  lebih lanjut dengan dokter ortodontis.

     Selain itu kami juga memperhatikan ke higienisan alat-alat sangging dan pemberian  disinfektan dan memperbanyak jumlah alat. Sehingga alat tersebut memperoleh waktu jeda. Termasuk penggunaan masker dan slop tangan, sampai kepada posisi wajah sangging supaya tidak terlalu dekat dengan yang ditatah.
     Pada acara pembekalan  tersebut juga diisi dengan penjelasan mengenai makna metatah,  menek kelihatan,  sungkem,  dan pawintenan  Saraswati yang disampaikan oleh Jero Mangku Dody Aryanta dari paguyuban widya swara dan di simpulkan oleh Ida Mpu Yogiswara.(Ngurah PPWI Bali)

Panter Redaksi

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata