Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP

Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» »Unlabelled » Kasus Dana Pensiun Pupuk Kaltim Naik ke Penyidikan, Kerugian Rp 229 M
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Jakarta, Pantauterkini.co.id - Kejaksaan Agung meningkatkan status penyelidikan kasus dugaan korupsi pengelolaan dana pensiun PT Pupuk Kaltim tahun 2011-2016 ke tingkat penyidikan. Kasus tersebut menimbulkan kerugian hingga Rp 229,8 miliar.
"Sehingga saat ini penanganannya ditingkatkan ke tahap penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor : Print 14/F.2/Fd.1/02/2018 tanggal 15 Februari 2018." kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Adi Toegarisman di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2018.
Saat ini, tim penyidik masih terus mengumpulkan alat bukti termasuk melakukan serangkaian pemeriksaan saksi, ahli, serta dokumen-dokumen yang bisa memperkuat alat bukti yang telah ditemukan guna membuat terang tindak pidana yang terjadi untuk menemukan tersangkanya.
Kasus penyimpangan dalam mengelola dana pensiun PT Pupuk Kalimantan Timur ini bermula saat Dana Pensiun PT Pupuk Kaltim (DP-PKT) dengan PT Anugerah Pratama Internasional (PT API) dan PT Strategis Management (PT SMS) melakukan perjanjian penjualan dan pembelian kembali saham milik PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo (PT. DAJK) dan PT Eurekaa Prima Jakarta (LCGP) yang dapat dikategorikan sebagai repurchase agreement (repo).
Namun pembelian repo tersebut ternyata bertentangan dengan Pasal 6 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 199/PMK-010/2008 tentang Investasi Dana Pensiun
Akibat dari transaksi repo itu, Dana Pensiun PT Pupuk Kalimantan Timur mengalami kerugian yang jumlahnya mencapai Rp 229.883.141.293. Angka kerugian tersebut berasal dari dana yang tidak bisa dikembalikan oleh PT Anugerah Pratama Internasional dan PT Strategis Management. 

About Panter Redaksi

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments