FOKUS

Panter Streaming

Nusantara

DAERAH

Derap TNI & Polri

HUKUM

PERISTIWA

Advertorial

» » Bank Indonesia Dan Korwil ABDSI Gelar TOT Tentang SI-APIK

 PantauTerkini.co.id ,Makassar- Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan bekerja sama Korwil Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Sulawesi Selatan menggelar Training of Trainers (ToT) tentang Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK) yang bertempat di Balai Diklat Industri Kementerian Perindustrian, Makassar selama 2 hari 1-2 Februari 2018.

Training ini bertujuan untuk penguatan SDM Pendamping UMKM di bidang Pembukuan dan juga dalam rangka pengembangan ekonomi keuangan syariah. Kegiatan di ikuti oleh 30 Pendamping UMKM se-Sulawesi Selatan yang berasal dari pelbagai Kabupaten/Kota, dimana peserta terjauh berasal dari ABDSI/Pendamping UMKM Luwu Timur.

Selain untuk mengenalkan tool pembukuan KUKM berbasis android dengan jalan membedahnya melalui studi kasus, kegiatan ini juga upaya BI dalam menyampaikan dan mendorong pengembangan ekonomi keuangan syariah. “Guna mendukung pertumbuhan dan ketahanan ekonomi nasional,” pungkas analis senior Bank Indonesia Perwakilan Wil. Sulsel, Ilhanuddin Wahab, pada sesi pembukaan pagi tadi.

Acara ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh BI Wil. Sulsel bersama Korwil ABDSI Sulsel. Tujuan lain yang ingi  dicapai adalah untuk mendorong perluasan informasi terkait Pencatatan Transaksi Keuangan KUKM melalui tenaga pendamping UMKM yang tersebar di Sulsel. 

Salman Sahmad, selaku Ketua Korwil ABDSI Sulsel dalam sambutan menyatakan bahwa“Program Pencatatan Transaksi Keuangan ini merupakan kerja sama antara BI dan Ikatan Akuntasi Indonesia (IAI) sebagai badan yang memiliki kewenangan untuk menetapkan Pedoman/Standar Akuntansi Keuangan (SAK) guna mendorong peningkatan kapasitas usaha dan akses pembiayaan bagi KUKM”. 

Narasumber pada kegiatan ToT ini adalah Tim dari Perwakilan BI Wilayah Sulsel dan Arman Lantong dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil (Pinbuk) Sulsel, dan juga Ketua ABDSI Sulsel, Salman Sahmad.

Kepala Perwakilan BI Wilayah Sulsel mengatakan, "dalam ToT ini peserta dilatih menggunakan aplikasi akuntansi UMKM berbasis Android. Sehingga dengan aplikasi SI-APIK, pelaku UMKM terbantu dalam mencatat jenis transaksi keuangan sederhana". 

"Aplikasi ini juga memudahkan para pelaku usaha UMKM dalam membuat laporan keuangan, baik pada sektor jasa, manufaktur, perdagangan, pertanian, dan/atau infrastruktur", Pungkasnya.

 Laporan:Adewonk
Editor:Lis


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: