PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

DPRD Wajo Menerima Aspirasi Dari Pemilik Tambang Dan Pekerja Desa Wage

Add caption
PANTAU TERKINI.CO.ID, WAJO -- Pemilik tambang pasir di Dusun Caleko Orai Salo, Desa Wage Kecamatan Sabbangparu menyambangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo, Selasa 2 Januari 2018.

Kedatangan pemilik dan para pekerja tambang pasir di kantor DPRD Wajo, mempertanyakan terbitnya surat pemberhentian sementara pengelolaan tambang pasir di Dusun Caleko Orai Salo Desa Wage, oleh Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Wajo.

"Kami ingin mempertanyakan, kenapa ada surat pemberhentian. Kalau alasan belum memiliki surat izin, kami sementara mengurus. Lagian kalau persoalan surat izin, pertanyaan kami, apakah semua tambang pasir yang selama ini beroperasi juga sudah memiliki izin," ungkap juru bicara sekaligus pemilik tambang, Salmiah.

Lanjut Salmiah, terkait adanya warga keberatan dengan adanya pompa pasir, hal itu sudah difasilitasi oleh pemerintah kecamatan pada Oktober lalu.

"Semua yang keberatan diundang tetapi tak satupun yang datang. Dan perlu diketahui poto kerusakan lingkungan yang diambil dan dilaporkan ke DPRD oleh mereka, jauh dari lokasi tambang. Ini sama saja mareka memberi keterangan palsu," bebernya.

Karena itu, Salmiah berharap DLHD dan DPRD Wajo mencabut surat pemberhentian tersebut mengingat disana, ada sekitar 30-an pekerja yang merupakan warga setempat yang menggantungkan hidup di tambang tersebut.

"Kami berharap ada pertimbangan, mohon dikasih kebijakan. Kalau masalah surat izin kami akan urus," harapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Wajo, Andi Arsan Jaya mengatakan, surat teguran penutupan tambang pasir dilakukan karena selain tambang tidak mengantongi izin, juga karena ada aspirasi masyarakat yang masuk, meminta tambang ditutup karena mengancam lingkungan sekitarnya.

"Kalau mengacu dari pengaduan pertama, sebenarnya itu sudah terlambat. DLHD juga sudah turun verifikasi, memang tidak semua yang dilapor masyarakat benar. Tapi, untuk menentukan dampak kerusakan lingkungan memang perlu ada kajian dan analisa karena itu urus izin terlebih dahulu supaya DLH Pemprov, segera turun dan melakukan analisa layak tidaknya tambang pasir beroperasi di daerah itu," jelas Andi Arsan.
Sementara Anggota DPRD Wajo Ir H Andi Senurdin Huseini, selaku penerima aspirasi berjanji akan menindak lanjuti aspirasi untuk mencari solusi terbaik.
"Diforum ini, kami tidak bisa mengambil kebijaksanaan, mesti didiskusikan dulu Karena Ini berkaitan dengan orang banyak pasti ada perhitungan. Kita akan pertanyakan ke Pemprov, supaya cepat turun menganalisis. Kalau layak tentu kita minta dikeluarkan izin kalau tidak ya, mohon maaf," tandasnya.(Lis)

muhlis muhlis

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata