PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Darmadi Durian :"Saatnya Indonesia Berdiri Tegak di Kawasan ASEAN


Jakarta, Pantau Terkini.co.id - Anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto menegaskan saatnya Indonesia berani berdiri tegak di kawasan negara-negara ASEAN, khususnya di bidang ekonomi. Pasalnya, selama ini Indonesia hanya jadi konsumen. Ini terlihat dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Diplomasi politik ekonomi kita harus progresif, ke depan kan konflik pangan yang akan terjadi. Ya diplomasi spoor itu salah satunya harus dipikirkan oleh pemerintah, karena menurut saya akan banyak keuntungan yang didapat negara kita kalau pemerintah mampu meyakinkan negara ASEAN yang memiliki perbatasan darat dengan kita," ujar Koordinator Perekonomian DPP PDI Perjuangan ini kepada wartawan di Jakarta, Senin (8/1/2018).

 agar pemerintah melakukan diplomasi spoor (kereta api) kepada negara-negara kawasan Asean, khususnya negara yang memiliki perbatasan darat dengan Indonesia.

Menurut Darmadi Durianto, diplomasi tersebut penting dilakukan guna menggenjot perekonomian negara.

"Negara kita berlimpah sumber daya alam dan kalau sumber daya alam kita di ekspor secara masif ke negara-negara ASEAN melalui jalur darat maka akan berefek positif. Ekspor via jalur kereta akan jauh lebih murah dan efisien," papar Bendahara Umum Megawati Institute ini.

Disamping itu, lanjut dia, jika ada jalur kereta api antar perbatasan negara ASEAN, maka banyak pengaruh lain disamping pengaruh ekonomi.Masyarakat perbatasan bisa terangkat derajat hidupnya dimana ada perekonomian yang menggeliat nantinya.

"Selain itu pengaruh budaya kita juga akan sangat terasa karena disitu secara otomatis akan terjadi akulturasi budaya dua bangsa yang berbeda. Bisa saja kan nantinya budaya bangsa kita akan diadopsi oleh negara tujuan diplomasi spoor (kereta api) itu," kata pria asal Sei Ambawang Kalimantan Barat ini.

"Jangan kita meniru budaya dari luar dan kita juga jangan diperangi budaya-budaya luar terus. Saatnya kita gelorakan bahwa Indonesia punya budaya luhur yaitu budaya Pancasila yang bisa dijadikan pedoman oleh bangsa lain juga," tegas Wakil Rakyat Dapil DKI Jakarta III (Jakbar, Jakut dan Kep.Seribu) itu. (Victor)

Bonard Stones

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata