Bupati Lutim Lantik 19 Kades Terpilih Pada Pilkades Serentak 2017-2023


MALILI-Pantau Terkini.co.id-Sebanyak 19 Kepala Desa (Kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak periode 2017-2023 dan  1  Pergantian Antar Waktu ( PAW ) sisa periode 2017 -2021 yang dilaksanakan di 7 kecamatan beberapa waktu lalu resmi diambil sumpahnya dan dilantik oleh Bupati Luwu Timur H. M. Thorig Husler di Gedung Wanita Simpurusiang, Puncak Indah Malili, Rabu (06/12/2017).

Pengambilan sumpah dan pelantikan 20 kepala desa sebagai tindak lanjut Keputusan Bupati Luwu Timur No. 330/XII/2017 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II Kabupaten Luwu Timur Tahun 2017.

Mengawali sambutannya Bupati Luwu Timur H. M. Thorig Husler menyampaikan selamat kepada kades yang baru dilantik dan kepada para ketua BPD, penjabat kades, dan para perangkat desa, khususnya mantan kades, Husler menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjalankan tugas-tugas pemerintahan desa maupun pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Lebih lanjut Bupati minta kepada para kades yang baru diambil sumpah agar segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugasnya, dan khusus bagi kades baru, untuk segera mempelajari, memahami dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban, dan hak kades serta membangun kerjasama yang sinergis dengan semua komponen khususnya BPD untuk mengefektifkan jalannya penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.

"Kepala Desa wajib mempelajari, memahami dan mengimplementasikan regulasi yang ada sesuai dengan UU Desa  Sebab semua itu bertujuan agar ada sinkronisasi dalam melaksanakan berbagai program Pemerintah,” katanya,

Kepada para kades terpilih, lanjut Bupati, diharapkan bisa menjaga amanah dan menjalankan tugas dengan sebaik mungkin serta melaksanakannya dengan bijaksana. 

Ia juga menekankan, kepala desa yang baru segera merangkul semua komponen masyarakat agar situasi desa segera kondusif pasca Pilkades. 
"Mereka harus dirangkul, ajak mereka membangun desa secara bersama-sama," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Husler mengajak seluruh kades untuk memanfaatkan potensi yang ada didesanya masing-masing. Menurutnya kades harus mampu mengoptimalkan sumber daya desa melalui program inovatif dan kreatif sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera maju dan mandiri sesuai dengan harapan pemerintah. 

Pada kesempatan yang sama sebelumnya juga dilakukan pelantikan empat Camat yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas. Keempat Camat tersebut yakni Camat Towuti Alimuddin Nasir yang sebelumnya menjabat Sekretaris Camat Towuti,  Camat Tomoni Timur M. Syukri yang sebelumnya menjabat Sekretaris Camat Tomoni Timur, Camat Angkona Amran Akmal yang sebelumnya menjabat Sekretaris Camat Kalaena dan Camat Kalaena Muh. Riski Alamsyah yang sebelumnya menjabat Sekretaria Camat Angkona. 

Turut hadir dan menyaksikan prosesi dan pelantikan Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam,  Ketua DPRD Luwu Timur H.  Anran Syam dan Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Bahri Suli dan Kepala SKPD serta para kerabat masing masing kepala desa. (ophy/suardi) 

Post a Comment

Post a Comment