Home » , 26 November 2017

Gunung Agung Bali Meletus Lebih Dasyat Tadi Pagi

Posted by muhlis muhlis


Karangasem,Pantau Terkini.co.id. – Gunung Agung di Karangasem kembali meletus. Kedasyatan gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali meletus pada pukul 05.05 WITA.Minggu,26/11/2017
Dalam laporan aktivitas Gunung Agung yang disusun oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) periode pengamatan mulai pukul 00.00 WITA hingga pukul 06.00 WITA, dijelaskan bahwa terjadi erupsi Gunung Agung, teramati ketinggian 2.000 meter dari atas puncak pada pukul 05.05 WITA.
Kemudian mengalami peningkatan pada pukul 05.45 WITA dengan perkiraan ketinggian 3.000 meter dari atas puncak. Ancaman potensi bahaya masih berupa ancaman abu vulkanik.
Hujan abu turun di sekitar Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.‎ Saat meletus, ‎cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah timur dan tenggara.
Suhu udara 22-23 °C dan kelembaban udara 84-86 %. Secara visual Gunung Agung terlihat jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.000-3.000 meter di atas puncak kawah.

Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada dan tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung.

Dan di seluruh area di dalam radius 6 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 kilometer. Zona Perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Laporan:thomson/dj
Editor:Muhlis

Category

Related Posts

Copyright © 2012, Kantor Berita Online Nasional Allrights Reserved - Magazine World Theme - Designed by Uong Jowo