Bupati Lutim Temui Kemempan RB Dan Berharap Kualitaas SAKIP Lebih Baik


Pantau Terkini.co.id.-Malili-Untuk meningkatkan kualitas laporan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP), Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler melakukan kunjungan kerja di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Dalam kunjungan itu, Bupati Luwu Timur ditemui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akutanbilitas dan Pengawasan Kemenpan RB, Muhammad Yusuf Ateh di Ruang kerjannya. Bupati Luwu Timur didampingi Kabag Organisasi Setdakab Luwu Timur, AR Salim dan Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bahtiar. 

Dalam audiens tersebut, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan menjadi kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah untuk meningkatkan akuntabilitas kinerjanya sebagai indikator adanya birokrasi yang bersih dan berkualitas. Meningkatkan implementasi SAKIP, kata Ateh harus diawali dengan perbaikan mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian kinerja.

Lanjut Ateh, seluruh perangkat daerah harus melakukan cascading termasuk penyelarasan program dan kegiatan, sehingga program dan kegiatan yang tidak selaras dengan visi dan misi pemerintah daerah dan tidak menghasilkan apa-apa agar dieliminasi. Hal ini juga akan mendukung efisiensi anggaran. 

"intinya seluruh program dan kegiatan itu diarahkan pada anggaran berbasis kinerja, dan berorientasi pada hasil yang bermanfaat. Bagi Kepala OPD yang memiliki program dan kegiatan yang tidak berkontribusi pada program prioritas dan visi misi RPJMD, maka perlu dievalusi"katanya. 

Ateh juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pendampingan agar kualitas SAKIP Pemkab Luwu Timur meningkat dari predikat C menjadi Predikat B. 

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan sangat merespon rencana pendampingan tim dari Kemenpan RB untuk meningkatkan kualitas SAKIP Pemkab Luwu Timur. Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari kunjungan kerja Menteri PANRB ke Luwu Timur pada bulan Mei lalu. 

"kami mengapresiasi upaya kemenpan dalam membina Pemkab Luwu Timur dan kami mengharapkan proses ini tetap berlanjut hingga SAKIP Luwu Timur berpredikat baik" tandas Husler. (hr/suardi). 

Post a Comment

Post a Comment