Select Menu

Translate

Utama


Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP



Pariwisata

Nasional



Liputan Langsung

» » » Pekerja RAPP Demo Pemerintah, Berikut Kritikan Dan Tanggapan Berbagai Kalangan Terhadap RAPP
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


PantauTerkini.co.id, Pekanbaru - Hangatnya permasalahan perusahaan RAPP yang dinilai tidak taat aturan pemerintah pada Undang undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, dan juga Peraturan Pemerintah Nomor 57 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut.Pada UU tersebut menyatakan, seluruh perusahaan Hutan Tanam Industri(HTI) berbasis lahan gambut harus menyesuaikan rencana kerja usaha (RKU) mereka dengan aturan pemerintah.


Namun hingga batas waktu yang diberikan, PT RAPP justru tetap memaksa ingin menjalankan RKU sesuai dengan aturan mereka sendiri dan tidak mau mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.


Ade Hartati Anggota DPR Provinsi Riau saat di mintai tanggapannya terkait permasalahan RAPP yang tidak mau ikuti aturan pemerintah, mengatakan RAPP harus patuh terhadap keputusan pemerintah pusat jika tidak ingin dikatakan melawan konstitusi.


"Sesuai dgn konstitusi di UUD 1945 psl 33 ayat 3 , dinyatakan bahwa tanah air dan kekayaan alam didalamnya dikuasai oleh negara , oleh karna itu RAPP harus patuh terhadap keputusan pemerintah jika tidak ingin disebut melawan konstitusi. Kepentingan rakyat didalam negara harus lebih diutamakan dari pada kepentingan bisnis. Dengan mematuhi keputusan pemerintah pusat, maka rapp akan dapat meminimalisir dampak masif (pihak karyawan)."Jelas Ade selaku Anggota DPR Provinsi Riau melalui pesan singkat WhatsAp (24/10/2017)


Ade Hartati berharap Pemerintah Provinsi Riau selaku jembatan RAPP kepada pemerintah pusat untuk mengawal masalah ini demi kepentingan masyarakat Riau banyak.


"Pemrov harus mengawal keputusan pemerintah pusat demi kepentingan masyarakat Riau yang lebih besar lagi atau mengawal kepentingan karyawan agar jangan diperlakukan semena-mena oleh perusahaan."harap anggota DPRD Provinsi Riau itu.


Terpisah Ferry Shandra Pardede anggota DPR Kota Pekanbaru juga memberikan tanggapannya terkait permasalahan RAPP yang sekarang lagi hangat, Ferry menegaskan perusahaan RAPP harus taat aturan yang berlaku di Indonesia ini.


"Intinya Perusahaan RAPP Harus mengikuti semua aturan yang berlaku di Republik Indonesia ini, baik itu aturan Pemerintah Pusat maupun Undang Undang yang terkait dengan Aktivitas Perusahaan."Tegas Ferry Selaku DPR Kota Pekanbaru (23/10/2017) melalui pesan singkat WhatsApp(WA)


Sefianus Zai selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) mengatakan bahwa pada demo kemarin jelas RAPP telah memobilisasi buruh melalui kontraktornya, dari beberapa pendemo menyatakan bahwa mereka di koordinir dan wajib untuk ikut demo.


"Sangat disayangkan bahwa hari ini ada beberapa yg di wawancarai , mereka mengaku di komandoi oleh perusahaan sub kontraktor untuk wajib ikut demo. Padahal selama ini juga kesejahteraan mereka para buruh sama sekali tidak terlindungi."ungkap Zai dalam pesan singkat WhatsApp(WA) yang juga menjabat Ketua LBH BERNAS ini (23/10/2017)


Ditambahkan, saya berharap RAPP tunduk pada aturan negara, saat ini pemerintah sudah serius dalam menjaga hutan lindung, jangan sampai ada perusahaan yang merasa lebih kuat dari pada negara.


"Saya berharap agar RAPP mengikuti aturan hukum di negara ini, jangan memanfaatkan pekerja untuk melakukan tekanan kepada pemerintah, saat ini pemerintah sudah serius menjaga hutan lindung. Kita masyarakat wajib dukung pemerintah.

"Saya juga menegaskan agar RAPP tetap bertanggungjawab atas kelangsungan hidup buruh, RAPP jangan lepas tangan dan menimpakannya ke kontraktor, karena hadirnya buruh adalah atas perintah kerja dari RAPP kepada kontraktor dan subkontraktor, " tegas Zai.(red)

About Denni France

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments