Luwu Utara,Lounching G1000G


LUWU UTARA-Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mencanangkan Gerakan 1000 Goodness (G1000 G) atau Gerakan 1000 Kebaikan yang juga serentak digelar diseluruh Kabupaten/Kota Provinsi Sulsel dalam rangka memperingati HUT ke-348 Sulsel.

Di Kab. Luwu Utara sendiri, kegiatan gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat itu digelar serentak di 36 titik, mulai dari Puskesmas, Pustu, dan Poliklinik Polres Luwu Utara, Senin (2/10/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Luwu Utara, Dr. Andi Nasrum mngutarakan dalam laporannya bahwa 63% angka kematian dunia di sebabkan Penyakit tidak Menular (PTM), kegiatan ini juga di maksudkan untuk Promotif dan Preventif, guna memasyarakatkan pola hidup dan sehat. "Kegiatan ini serentak di 1000 titik se sulawesi selatan, guna memasyarakatkan pola hidup bersih dan sehat, mengingat bahwa 63% angka kematian disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular". Ungkap Dr. Nasrum.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi pidemiologi yang di tandai dengan meningkatnya kematian dan keaakitan akibat penyakit tidak menular. Dari 10 penyebab kematian utama untuk segala umur berdasarkan Sample Registrasi Sistem, lima diantaranya adalah penyakit tidak menular yaitu stroke, penyakit jantung koroner, dan kencing manis.

Bupati luwu utara, Indah Putri menagatakan bahwa dampak kejadian PTM adalah  meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri. "Penyebab PTM yakni meningkatnya biaya pelayanan, sehingga menurunnya produktifitas masyarakat, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat" kata Indah pada saat membacakan sambutan seragam Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan G1000G bidang kesehatan yang dilakukan serentak pada 24 kabupaten/kota di sulsel ini diharapkan membawa kebaikan dan peningkatan derajat lesehatan masyarakat. Dengan G1000G ini kegiatan Germas ditambah dengan kegiatan lain di antaranya Deteksi Karies, Deteksi kelainan kulit, Donor Darah dll.( Hms Lutra/SUARDI)

Post a Comment

Post a Comment