Tingkatkan Kesjahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa(PID)



MASAMBA-Pantau terkini.co.id.Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa yang berkualiatas.

Dalam hal ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar Rapat sekaligus sosialisasi Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa (TIK-PID) di Ruang Rapat DPMD, (Selasa/05/09).
Menurut Drs. Misbah Selaku Kadis PMD mengatakan tujuan dari rapat kali ini untuk menyamakan persepsi tentang inovasi-inovasi dari setiap desa di Kabupaten Luwu Utara baik yang sudah dilakukan maupun belum dilakukan seperti pelayanan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Tim teknis TIK-PID yang mencakup SKPD terkait seperti Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Koperindag, Dinas Pertanian, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Pengguruan Tinggi.
Program Inovasi Desa (PID) ini diselenggarakan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang merupakan restukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada Pendamping Desa.

Program yang rencananya akan berjalan hingga Desember 2018 mendatang, dan akan dilakukan rekrutmen Tenaga Ahli Inovasi pada bulan Oktober 2017 sebanyak 6 orang yang berkedudukan di Kabupaten.
Selain itu, tujuan lain dari Inovasi Desa yaitu ; melindungi individu, kelompok atau kelembagaan yang melakukan inovasi, memacu kreatifitas Desa untuk meningkatkan daya saing dan keunggulannya serta meningkatkan jaminan pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Desa.( Hms Lutra/suardi

Post a Comment

Post a Comment