Tari Panggaru Ikut Festival Keraton Nusantara Ke-XI


CIREBON-Jawa Barat. Tari panggaru kecamatan rongkong menghiasi festival Keraton se-Nusantara ke XI yang pelaksanaannya di pusatkan di Kota Cirebon provinsi Jawa Barat 15 sampai 19 september 2017.

Selain tari panggaru, baju adat Kecamatan Rampi yang terbuat dari kulit kayu turut di tampilkan pada Festival Keraton, di mana kegiatan ini melalui dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Luwu Utara bersama perangkat adat kemakolean Baebunta,yang turut serta pada acara tersebut, yang tergabung dalam rombongan kedatuan Luwu.Cirebon,19/09/2017

Di sela sela kegiatan tersebut kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Luwu Utara, Drs. FP. Patuang, MM, menyatakan bahwa melalui kegiatan ini kita memperkenalkan budaya daerah kita terkhusus untuk kabupaten luwu utara, " dengan mengikuti festival keraton ini, kita memperkenalkan kebudayaan kita terkhusus kabupaten luwu utara yang mana kita menampilkan tari panggaru kecamatan rongkong, serta baju adat rampi yang terbuat dari kulit kayu " tandas kadis kebudayaan dan pariwisata kabupaten luwu utara.

Sementara itu makole Baebunta, Andi. Masita kampasau, S.Sos, saat diwawancara mengatakan bahwa kami sangat bangga bisa ikut dalam kegiatan ini, karena melalui festival keraton se-nusantara ini, kita jadikan ajang silaturahmi serta memperkenalkan kebudayaan kita kepada daerah lain sebagai wija to luwu di ajang nasional ini.

Acara yang resmi dibuka,dengan ditandai penabuhan beduk bersama oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan,Walikota Cirebon Nasrudin Azis, dan Sultan Sepuh PRA Arief Natadiningrat, yang bertempat di alun-alun Kesapuhan, yang turut dihadiri para raja,sultan, permaisuri, pangeran dari keraton se-nusantara,serta negara tetangga dan masyarakat Cirebon.

Sementara itu dari kedatuan Luwu di hadiri Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu to Bau di dampingi permaisuri Lina Widyastuti Wahyuningsih beserta sejumlah pemangku adat dan juga Anak Tellue (Makole Baebunta),Maddika Bua dan Maddika Ponrang dan dalam kedatuan Luwu mencapai ratusan personil yang tergabung dari empat kabupaten / kota di Tana Luwu yakni Kabupaten Luwu Timur,Luwu,kota Palopo dan Kabupaten Lutra. Dan untuk Luwu Utara melalui kemakolen Baebunta dan dinas Pariwisata Lutra di pimpin Kadis Pariwisata Lutra FP. Patuang.

 Laporan: hms lutra/Suardi)
Editor:Muhlis

Post a Comment

Post a Comment