Select Menu

Translate

Utama


Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP



Pariwisata

Nasional



Liputan Langsung

» » Pemerintah Luwu Timur Latih Wirausahawan Pemula
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post



MALILI-Pantau Terkini.co.id.Pertumbuhan pelaku UKM saat ini begitu meningkat dan keberadaan nya diharapkan sebagai pilar utama utama ekonomi kerakyatan baik secara nasional, regional maupun lokal belum menunjukkan performen sesuai yang kita harapkan. Hal ini dikarenakan oleh minimal 2 faktor yaitu faktor internal seperti SDM pelaku usaha sendiri dan faktor eksternal  yang kurang memberi daya dukung seperti sulitnya akses pemasaran.


Menyikapi kondisi tersebut dan melihat potensi SDA yang beragam dan karakteristik kehidupan masyarakat sebagai pelaku usaha yang terus bertumbuh maka agar keberadaannya dapat memperkuat basis ekonomi di daerah mereka perlu dilibatkn dan perhatikan serta diikut sertakan dalam berbagai proses pengayaan yg dapat mendorong percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UKM sebagaimana yang telah dicabangkan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2007 yang tertuang dalam inpres nomor 6 tahun 2007 tentang kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan Pemberdayaan UKM serta UU nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Kecil dan Menengah.

Menjawab tantangan tersebut, Plh. Sekda Drs. Muh. Amir Kapeng yang mewakili Bupati Luwu Timur dalam Sambutannya menyampaikam, hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur sebagai salah satu wujud inplementasi dari upaya pemberdayaan UKM melalui Dinas Perdagangan Koperadi dan UKM melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UKM utamanya para wirausaha pemula yang tersebar di 11 kecamatan dan 127 Desa/Kelurahan, dan merupakan hari merupakan angkatan pertama untuk tahun 2017 yg selanjunya akan terus berjalan secara berkesinambungan dan  bertahap dengan target tuntas 5 UKM per Desa/Kel hingga 5 thn kedepan.


Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun jiwa dan semangat berwirausaha bagi masyarakat khususnya bagi generasi muda, dengan harapan dapat menciptakan dan membuka lspangan kerja baru dan baik untuk dirinya sendiri (job creator) maupun mampu memberi peluang kerja bagi orang lain (job givers). 


“Diharapkan pula agar  pengelolaan UKM kedepan dapat berkembang dan lebih profesional dengan memanfaatkn perkembangan teknologi dan inovasi sehingga dpt lebih berdaya saing dalam menghadapi perdagaan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan semua ini sekaligus menjadi salah satu faktor penting untuk ikut mensukseskan Visi Kabupaten Luwu Timur terkemuka 2021,”Tutur Muh.Amir

Dan berdasarkn patauan kan Angkatan Pertama di ikuti oleh 95 orang Peserta sedangkan yg menjadi narasumber adalah Tim Balatkop Prov. Sulawesi Selatan yg diketua oleh Drs. Abd. Azis Bennu, M.Si bersama anggota tim yg terdiri dari  Salman Sahmad, M.Pd., Bahrul Ulum Ilham, M.M dan Muhammad Ismail, M.Si

Dan pada kegiatan ini juga dihadiri oleh srikandi-srikandi pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Luwu Timur.Kegiatan di laksanakan di hotel sikumbang Kecamatan Tomoni kab.LuwukTimur.
Laporan:Nas 
Editor:Muhlis

About Berita Terkini

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments