Kartu BPJS Kesehatan Terbit Tidak Sesuai Data


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Program Kesehatan Gratis yang dicanangkan oleh Pemerintah Luwu Timur merupakan angin segar bagi masyarakat Luwu Timur, apah lagi program ini merupakan program penyempurnaan dari program kesehatan sebelumnya yaitu jamkesda.

Dengan orentasi paripurna artinya diperuntukan bagi seluruh masyarakat Luwu Timur tanpa terkecuali dengan ketentuan pada pelayanan kelas 3(tiga). Sehingga untuk mensukseskan program kesejahteraan ini pemda Luwu Timur melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan Kanto cabang(KC) Palopo yang beralamat di Jln. Dr. Sam Ratulangi Malili, Luwu Timur dengan target 80.000 jiwa.

Permasalahan kemudian timbul dan menimbulkan 1000 tanya adalah data yang diusulkan oleh masyarakat melalui Pemerintah Desa kemudian berjenjang direkap oleh bagian Kesra di masing-masing kecamatan ternyata tidak digunakan sebagai dasar penginputan akibatnya banyak data yang diusulkan tidak terbit nomor kartu Indonesia sehat (KIS),sedangkan orang yang telah meninggal dan pindah domisili yang diterbitkan.

Hal ini ternyata bukan hanya terjadi di Desa Lakawali namun diseluruh desa dan kelurahan yang ada di wilayah Luwu Timur. Seperti halnya dari Kecamatan Burau yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan: "memang betul yang terbit itu lebih banyak dari yang kami usulkan, yang terbit enam ratus lebih sedangkan yang kami usulkan hanya berkisar 500-an namun yang jadi masalah yang terbit itu bukan yang kami usulkan dan banyak nama yang kami tidak ketahui dan ada pula yang sudah meninggal 3 tahun yang lalu, bayangkan pak yang terbit dari data yang diusulkan itu hanya ada 200 jiwa" keluhnya.

Liputan:Nasruddin
Editor:Muhlis

Post a Comment

Post a Comment