Dosen Stisip Palopo Sukses Meraih Gelar Doktor


PALOPO-Pantau Terkini.co.id.Salah satu putera terbaik Kota Palopo, Drs H Ishak Runi,MM,M.Si sukses meraih gelar doktor ilmu manajemen di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Selasa (12/9/17).
Kakak kandung Sekretaris Dispora Palopo, Maksum Runi itu dalam Disertasinya mengangkat judul 'Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Komitmen terhadap Kepuasan dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Provinsi Sulsel'. Ia meraih predikat cumlaude setelah memaparkan hasil penelitiannya dihadapan 6 dosen penguji.

Ishak Runi yang dikonfirmasi via ponselnya memberikan gambaran umum terhadap disertasi yang dibuatnya. Dalam penelitiannya, ia menggunakan 6 variabel eksogen atau variabel independen, 2 variabel endogen atau yang terpengaruh dan satu variabel kepuasan.
Saat di hubungi lewat telepon saluler , Ishak Runi mengatakan ,bahwa  berkat perjuangannya telah berhasil meraih gelar Doktor di Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia(UMI).

Dosen Stisip veteran palopo ini ,merupakan salah satu putra terbaik Luwu raya yang juga merupakan mantan ketua Stisip Veteran Palopo dua priode, ini baru saja meraih gelar Doktor nya dengan baik
 Dia juga mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada semua keluarga,mahasiswa dan rekan-rekan dosen yang telah mendoakannya sehingga dapat meraih gelar Doktor nya dengan baik dan akan menggunakan ilmu yang didapat  dengan baik ,untuk  masyarakat ,terutama  kepada mahasiswa Stisip Veteran Palopo.
"Rendahnya kinerja, kompetensi dan komitmen dosen ini terpengaruh dari siapa pemimpinnya. Ini semua berpengaruh terhadap kinerja institusi," sebutnya.
Ishak dalam disertasinya menggunakan isntrumen penelitian. Hasilnya, dari responden ia mendapatkan beberapa poin penting. Salah satunya, kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dosen. Motivasi berpenagruh terhadap kepuasan kerja dan kinerja dosen. Komitmen berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja.

"Oleh karena itu, saran saya ke depan, perlu adanya perubahan sikap, paradigma terhadap gaya kepemimpinan dengan menerapkan prinsip kepemimpinan rasional dan menganggap organisasi sebagai sebuah sistem," tambahnya.
Laporan :Suardi
Editor:Muhlis

Post a Comment

Post a Comment