Uniknya Lomba Balap Perahu Di Danau Towuti


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Untuk menggiatkan wisata danau Towuti, sekaligus memperingati HUT RI ke 72, tiga karang taruna di desa Matompi, Pekaloa dan Timampu bergabung menggagas lomba perahu bala-bala. Dalam.event tersebut, sebanyak 41 peserta dari berbagai kecamatan di Luwu Timur ikut ambil bagian dalam lomba unik tersebut.

Dengan menggunakan perahu raft, Bupati Luwu  Timur, HM Thorig Husler bersama Ketua Karang Taruna Luwu Timur, Herdinang melepas peserta lomba yang ditandai pelepasan bendera start di lokasi danau towuti, Selasa (22/08/2017). Jarak tempuh peserta lomba perahu mencapai 700 meter sekali jalan. 

Ketua Karang Taruna Luwu Timur, Herdinang mengatakan Danau Towuti merupakan salah satu danau warisan dunia. Menurutnya salah satu langkah untuk mengenalkan beragam potensi danau towuti dan keunikannya bisa dengan lomba semacam ini. Apalagi lomba ini juga mengendepankan kearifan lokal masyarakat pesisir towuti yang dulunya berprofesi nelayan.

"lomba perahu bala-bala ini sengaja di gagas.  Disamping untuk mengenalkan potensi Danau Towuti, juga untuk mengenalkan tradisi dan budaya masyarakat Towuti sebagai nelayan. Lomba ini akan dijadikan event tahunan" katanya.

Herdinang melanjutkan bahwa kedepan pihaknya akan menggagas lomba perahu dayung memperebutkan piala Bupati. Pasalnya kata Herdinang, Luwu Timur punya potensi tiga danau yang indah yakni, Matano, Towuti dan Mahalona. Namun hampir disetiap even propinsi maupun nasional, tidak pernah ada satupun wakil Luwu Timur untuk ikut berlaga pada lomba perahu. 

"Jika tidak ada halangan, Oktober nanti, kami dari karang taruna akan menggagas lomba dayung piala Bupati. Semoga dari lomba tersebut, Luwu Timur akan memiliki atlet dayung. Mohon dukungan semua pihak agar even ini berjalan lancar sehingga kita bisa miliki atlet dayung yang bisa dikirim ke berbagai lomba mewakili Luwu Timur" kata Herdinang.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan even semacam ini sangat penting untuk mendorong berkembangnya Pariwisata di Luwu Timur. Menurut Husler  Pemerintah  Daerah saat ini juga sedang fokus membangun pariwisata.

"Dukungan dan sinergi pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat pada kegiatan lomba semacam ini sangat penting untuk mengembangkan pariwisata Luwu Timur" kata Husler.

Husler juga berharap agar even ini berjalan lancar, panitia dihimbau tetap mengutamakan keselamatan seluruh peserta.  Dalam lomba ini hadir pula Kepala Dinas Pariwisata, Hamris Darwis, Kabag Perlengkapan, Syahrir, Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bahtiar serta tim SAR dan BPBD Luwu Timur. (hr/hms/suardi).

Post a Comment

Post a Comment