Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » Sekda Luwu Timur Serukan Untuk Aktifkan Kembali Siskamling
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

MALILI-Pantau Terkini.co.id.Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) perlu kembali diaktifkan. Pasalnya sejak dulu siskamling ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungan, dan juga untuk mencegah dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan  Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah, Bahri Suli saat membuka rapat koordinasi tim terpadu penanganan konflik sosial yang diikuti dari berbagai elemen masyarakat, TNI, Polri, Camat, Kepala Desa, Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan dan LSM yang dipusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (15/08/2017).

Menurutnya pelibatan masyarakat  menjaga lingkungan sangat efektif. Apalagi pola Siskamling lebih responsif dalam masalah pencegahan potensi penyelusupan oleh orang-orang yang dapat menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Disamping itu, Siskamling juga dapat mempererat tali silaturahmi antar para warga.

"Siskamling penting untuk kembali diaktifkan. Makanya kepada para kepala desa dan lurah, saya minta aktifkan kembali siskamling dan berkoordinasi dengan babinsa dan babinkamtibmas. Termasuk juga mewajibkan tamu atau orang asing untuk melapor 1x24 jam" kata Bahri.

Bahri menambahkan bahwa siskamling juga bagian dari deteksi dini untuk mengantisipasi munculnya potensi gangguan dan gejolak sosial lainnya di masyarakat.

"Semakin dini permasalahannya di deteksi, maka tim terpadu akan semakin cepat merumuskan cara bertindak yang tepat mengatasi setiap konflik sosial" tandasnya.

Kepala Seksi Ketahanan dan Kewaspadaan Kesbanpol Luwu Timur, Helena mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaham menyeluruh kepada seluruh elemen terkait akan pentingnya meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap potensi konflik yang terjadi dilingkungan sekitarnya.

"Intinya bagimana partisipasi semua pihak menjaga lingkungannya dari berbagai ancaman" tutupnya.

Dalam rakor ini juga melibatkan beberapa narasumber diantaranya Wakapolres Luwu Timur, Kompol Sunardjo, Ketua PN Malili, Khairul, Kajari Malili, Ida Komang Ardhana dan Perwira Penghubung, Simon Marthes. (hr/hms/suardi)

About Berita Terkini

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments