Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » Petugas DAMKAR Luwu Timur Ikuti Pelatihan Mitigasi Kebencanaan
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Para Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Luwu Timur dibekali pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM petugas pemadam kebakaran agar semakin profesional dalam menangani suatu bencana. Pelatihan tersebut berlangsung di Gedung Wanita Simpursiang Malili, Selasa(22/08/2017).

Pelatihan mitigasi bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Petugas Damkar agar lebih profesional dalam menangani suatu bencana. Pelatihan ini selain teori, petugas juga akan dibekali berbagai teknik praktek lapangan.

Selain pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, para petugas pemadam kebakaran dan masyarakat yang hadir juga bekali pelatihan penggunaan, pemanfaatan dan pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan penyuluhan, penyebaran informasi dan peringatan bahaya kebakaran.

Mewakili Bupati, Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, Amir Kapeng saat membuka pelatihan tersebut mengatakan sebelum terjadi musibah, kebanyakan masyarakat  cenderung tidak peduli atau mengabaikan hal-hal yang dapat merugikan seperti musibah kebakaran. Akan tetapi setelah adanya musibah tersebut, masyarakat baru menyadari dan peduli terhadap permasalahan kebakaran. 

"Intinya, semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti cara memadamkan api, diharapkan dapat memperkecil resiko yang bisa ditimbulkan dari musibah kebakaran" katanya.

Makanya kata Amir, penyuluhan dan pelatihan ini dapat memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat dan petugas pemadam kebakaran pada khususnya tentang pencegahan dan pemadaman kebakaran, penyelamatan jiwa, evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan bahaya kebakaran. 

"Petugas wajib memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana mencegah bahaya kebakaran dan bagaimana cara mengoperasikan peralatan pemadaman kebakaran secara cepat, tepat dan benar" tambahnya.

"Petugas Pemadam kebakaran dikenal dengan motto : pantang pulang sebelum api padam, walaupun nyawa taruhannya . Motto ini mengisyaratkan sosok petugas pemadam kebakaran yang harus bekerja dan siap siaga hadir dalam penyalamatan jiwa, dan harta benda. Melakukan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, tanpa mengharap pujian dan sanjungan serta memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan" jelasnya.

Pelatihan ini berlangsung selama empat hari, 22 s.d 25 Agustus 2017 dengan Narasumber masing-masing Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Luwu Timur, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim, Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sulawesi Selatan dan Instruktur dari Tim Rescue dari PT.Vale Indonesia Tbk. (Fb/hms/suardi)

About Berita Terkini

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments