Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » Luwu Timur Gelar Sosialisasi Dana Desa
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Sebanyak 124 Kepala Desa di Kabupaten Luwu Timur mengikuti kegiatan sosialisasi dana desa tahun 2017 dengan tema "Mari bangkit dan bangun desa untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa". Sosialisasi dana desa ini berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (24/08/2017).

Kepala Seksi Intelijen Kajari Luwu Timur, Dewa Ngakan Putu Andi Asmara mengatakan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin untuk memberikan pendampingan dan penerangan hukum bagi aparat pemerintah. 

Disamping itu, juga untuk mengenalkan peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Luwu Timur dalam mengawal dan mengamankan dana desa untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan dana tersebut.

"Harapan kami, dana desa tetap difokuskan pada skala prioritas desa dan TP4D siap melakukan pendampingan" katanya.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat membuka sosialisasi tersebut mengatakan sebagai amanat nawa cita presiden RI, membangun desa menjadi skala priotitas pemerintah pusat. Dikucurkannya dana desa menunjukkan bahwa paradigma pembangunan nasional mengarah pada wilayah pedesaan.

Sebagai gambaran kata Husler, kucuran dana desa di Kabupaten Luwu Timur tahun ini mendapatkan anggaran sebesar Rp. 99.140.948.000 yang disalurkan bagi 124 Desa. Dana ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 77.723.388.000. 

Kucuran dana desa ini kata Husler, harus dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang benar dan transparan serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Kepala desa harus benar-benar paham tentang mekanisme pengelolaan keuangan sehingga tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat hukum" kata Husler.

"Kepala Desa jangan segan-segan berkonsultasi dengan tim TP4D terkait pengelolaan dan desa agar tidak terjadi penyimpangan " tambahnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menghimbau seluruh kepala desa agar segera membuat laporan pertanggungjawaban setiap selesai melakukan kegiatan. "Jangan menunda-nunda membuat laporan pertanggungjawaban. Sebisa mungkin selesai satu kegiatan, langsung buatkan agar tidak menumpuk nantinya" ajak Husler.

Terakhir, Husler juga mengingagkan agar seluruh kepala desa memasang papan informasi tentang penggunaan dana di wilayahnya masing-masing. Hal ini Kata Husler,  sebagai bentuk transparansi Pemerintah kepada masyarakat. (hr/hms/suardi

About Berita Terkini

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments