Bupati Luwu Timur Hadiri Upacara Ngaben Umat Hindu


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Umat Hindu di Kabupaten Luwu Timur kembali menggelar ritual ngaben. Jenazah Nyoman Simin (30) diantar ratusan keluarga dan kerabat menuju tempat upacara ngaben yang dipusatkan di Desa Wanasari Kecamatan Angkona, Selasa (01/08/2017).

Upacara Ngaben tersebut dipimpin langsung Paruman Pandita, Ketut Tgig dan Mangku Patri yang disaksikan langsung Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler. Hadir pula Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bahtiar, Kabag Perlengkapan, Syahrir dan Camat Angkona, Rizki.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengaku bersyukur prosesi ngaben bisa terlaksana dengan aman dan lancar. Menurutnya toleransi dan kerukunan dimasyarakat terjalin dengan baik di wilayah ini.

"Kerukunan bisa terjalin baik karena dukungan penuh dari para pembina keagamaan. Saya sangat mengapresiasi" katanya.

Husler juga menyinggung akan membenahi sarana dan prasarana tempat prosesi ngaben agar lebih baik lagi sehingga umat hindu bisa melaksanakan prosesi ini dengan lebih baik lagi.

"Sarana dan prasarana terutama tempat kremasi akan kita bantu nantinya" kata Husler.

Ketua PHDI Desa Wanasari, Komang Juliarta menyampaikan apresiasi atas kesediaan Bupati hadir dalam prosesi Ngaben. Ia juga menaruh harapan agar sarana dan prasarana tempat upacara ngaben utamanya tempat kremasi bisa segera diwujudkan oleh Pemerintah Daerah.

"Tempat kremasi ini salah satu harapan kami pak" kata Komang Juliarta dihadapan Bupati. (hr/hms/Suardi)

Post a Comment

Post a Comment