Bupati Luwu Timur Buka Pelatihan Pembinaan Persiapan Lomba Paduan Suara Gerejawi(PESPARAWI0


MALILI-Pantau Terkini.co.id.Menatap persiapan lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional ke XII Tahun 2018 di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur melakukan kegiatan pembinaan pelatih Pesparawi yang dipusatkan di Gereja Oikumene Sorowako, Rabu (23/08/2017).

Kegiatan pembinaan pelatih Pesparawi tersebut dibuka langsung Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Luwu Timur, dr. Ana Toding. Hadir pula Anggota DPRD, Leonard Bongga, Kepala Kemenag, H Abu Bakar, Kabag Kesra, Asmasari, dan Camat Nuha, Masdin.

Ketua LPPD Luwu Timur, dr. Ana Toding mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini dilakukan agar seluruh pelatih pesparawi ini dapat meningkatkan kualitas kinerjanya menjadi pembina paduan suara disetiap kecamatan. Makanya, kata Ana,  pihaknya sengaja menghadirikan pemateri  yang handal yakni Hendrik Sucipto dari Jakarta dan Aman Ali Surahman dari Makassar.

"Harapan kita, dengan dukungan pembinaan ini, kualitas pelatih pesparawi Luwu Timur menjadi lebih baik" katanya.

Senanda dengan Ana, Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan pembinaan Pelatih Pesparawi. Pasalnya kata Husler, dengan semakin baiknya kemampuan pelatih pesparawi, tentu akan berdampak pada semakin baiknya pula kualitas paduan suara gereja di Luwu Timur.

"Kesuksesan pelatih, akan melahirkan tim paduan suara yang berkualitas. Tim Pesparawi ini, nantinya akan kita dorong berlaga pada ajang Pesparawi Nasional ke XII di Kota Pontianak tahun depan" kata Husler

"kiranya kegiatan pembinaan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan pembina-pembina paduan suara yang lebih berkualitas" harap Husler.

Terpisah, Kabag Kesra Setdakab Luwu Timur A. Asmasari mengatakan pelatih pesparawi yang merupakan perwakilan dari 11 kecamatan  yang berasal dari berbagai gereja tersebut berjumlah 100 orang pelatih.

Lanjut Asma, kegiatan pembinaan akan berlangsung mulai tanggal 23 s.d 25 Agustus yang dipusatkan di Hotel Duta In Sorowako dibawah arahan Pemateri, Hendrik Sucipto dari Jakarta dan Aman Ali Surahman dari Makassar.

Tujuan pembinaan pelatih pesparawi dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi lokal yang dimiliki masing - masing Kecamatan, pasalnya kata Asma, selama ini kontingen Pesparawi di kecamatan selalu kesulitan mencari pelatih. Disamping itu pembinaan ini juga dijadikan ajang persiapan dan pemantapan untuk mengikuti ajang pesparawi Nasional XII di Kota Pontianak Kalimantan Barat, kunci Asmasari. (hms/suardi)

Post a Comment

Post a Comment