Bagian Kemasyarakatan Dan Kesra Luwu Utara, Gelar Rapat Koordinasi Sambut Hari Raya Idhul Adha


MASAMBA-Pantau Terkini.co.id. Bagian Kemasyarakatan dan Kesra menggelar Rapat Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Adha Di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, (Selasa/08/08).

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Andi Sarappi, S.Sos mengatakan rapat ini terlebih dahulu dilakukan untuk memantapkan persiapan dalam menyambut Hari Raya Idul Kurban, mulai dari persiapan tekhnis sampai persiapan pemilihan hewan kurban.

Sementara itu, Ketua PHBI Drs. H. Dullah, M.pd mengusulkan untuk tempat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dipusatkan di Lapangan Bandar Udara Andi Djemma Masamba. Untuk khatib dan imam sudah ada nama yang diusulkan tinggal menunggu keputusan oleh Bupati.

H. Abd. Halid Siaman, S.ag M.Mpd perwakilan dari Kantor Departemen Agama Luwu Utara mengatakan Adapun syarat hewan yang boleh dikurbankan antara lain : Sehat, Gemuk, tidak cacat dan berumur 2 tahun lebih untuk sapi dan untuk kambing maksimal sudah tua dilihat dari bulu pada lutut kambing yang sudah tidak ada, dan tidak diperbolehkan untuk sapi betina yang sedang bunting.

Berkurban hukumnya wajib bagi yang mampu tetapi tidak boleh dipaksakan. Satu ekor sapi yang dikurbankan bisa untuk maksimal 7orang tidak boleh lebih karena itu sama halnya akikah atau sumbangan sosial. Sedangkan untuk kambing harus 1 ekor kambing untuk 1orang pengkurban.( Hms Lutra/Suardi)

Post a Comment

Post a Comment