DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » 10 Pengembang di Balikpapan Diancan Cabut Ijin Bila Tak Perbaiki Bozem

Balikpapan | Pantau Terkini | Pemerintah Kota Balikpapan terus meningkatkan upaya penanggulangan banjir. Salah satunya dengan menegur sepuluh pengembang perumahan yang alpa dalam pembangunan penampung air. Mereka pun diberi batas waktu hingga Desember untuk memperbaiki bozem.

Kadis Perumahan dan Permukiman Balikpapan I Ketut Rasna mengatakan, untuk mengatasi dampak banjir pihaknya telah memanggil pengembang melalui pihak REI maupun menghubungi pengembang langsung. Kemudian diberikan pembinaan sebagai langkah awal dan memberi kesempatan pengembang untuk memperbaiki kekurangan.
"Kami beri waktu hingga Desember. Cukup diberi pembinaan dan diberi tahu saja. Kalau sampai Desember bozem belum ada perbaikan yang sesuai, maka akan ditindaklanjuti," paparnya.
Langkah yang diambil selanjutnya seperti tidak dikeluarkannya izin, atau dihentikannya proses pekerjaan perumahan hingga membawa ke jalur hukum. Ia menjelaskan diberinya waktu pembenahan karena memang dalam perbaikan perlu biaya dan waktu dalam membuat bozem yang layak.
"Kendalanya bozem tak sesuai dipengaruhi oleh susahnya memasarkan perumahannya, jadi pembangunan bozem melambat. Selain itu beberapa perumahan juga mengganggap skala prioritasnya membangun perumahan lebih dulu. Padahal terbalik. Setelah mengupas lahan perlu gali yang lain untuk sedimen trap," paparnya.
Kemudian yang sering terjadi, kata dia, ada perubahan perhitungan ketika di lapangan dari site plan sebelumnya yang diajukan. Sehingga bila ingin mengubah perhitungan site planwajib mengajukan perubahan site plan terlebih dahulu.
"Itu normatif saja. Hingga kini ada dua pengembang yang melakukan penyesuaian," ucapnya.
Selama pemberian masa pembenahan bozem, pihaknya juga akan bekerja sama dengan pengawas dari dinas terkait lainnya. Sebab dalam Dinas Perumahan dan Permukiman, tenaga pengawas cukup terbatas.
"Nanti ditinjau lagi bersama dinas terkait, bagaimana pembenahan drainasenya, jembatan masuknya dan  kualitas konstruksinya. Kalau memang Desember lewat tidak ada perubahan, maka akan ditindak sesuai sanksi yang berlaku berdasarkan pelanggarannya," tutupnya
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6