DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Puluhan Anggota Koramil 01/Pancoran Mas Jalani Tes Urine

PEMERIKSAAN: Anggota Koramil 01/Pancoran Mas, saat melakukan tes urin. (Foto: Istimewa/Diskominfo)

Depok |Pantau Terkini | Cegah penyalahgunaan narkoba di jajaran TNI Kota Depok, Kodim 0508/Depok melaksanakan tes urine bagi puluhan anggota di lingkup Koramil 01/Pancoran Mas. Pelaksanaan tes urine tersebut dilakukan secara mendadak kepada 30 anggota koramil di Markas Koramil 01/Pancoran Mas di Jalan Raya Kartini, Kecamatan Pancoran Mas.

Dalam pemeriksaan tersebut, diawali dengan sosialisasi terhadap bahaya narkoba oleh Perwira Seksi (Pasi) Intel. Selanjutnya seluruh anggota prajurit TNI Koramil 01/Pancoran Mas melakukan tes urine oleh tim kesehatan dan staf Intel Kodim 0508/Depok.
Dandim 0508/Depok, Letkol (Inf) Slamet Supriyanto, mengatakan, pemeriksaan urine dilaksanakan sebagai upaya pengawasan terhadap anggotanya. Pihaknya ingin mengantisipasi adanya pemakaian narkotika di jajaran anggota yang ada di Koramil 01/Pancoran Mas.

“Kami bekerjasama dengan tim kesehatan TNI, melakukan tes urine secara dadakan. Ini bertujuan agar pelaksanaannya berjalan apa adanya,” ujarnya, usai pemeriksaan urine, Jumat (02/06/2017).
Menurut Slamet, pemeriksaan tes urine tersebut merupakan kegiatan tahunan dan hingga pertengahan tahun ini sudah dilakukan sebanyak tiga kali. Diantaranya Koramil 02/Beji, Koramil 07/Limo dan Koramil 01/Pancoran Mas. “Hasilnya semua negatif. Kami tidak akan menutupi hasil pemeriksaan urine ini. Jika ada prajurit yang terkena narkoba, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Anggota TNI yang tersandung narkotika juga akan diberikan tindakan tegas,” jelasnya.

Slamet menambahkan, Indonesia telah menyatakan perang terhadap narkoba. Karena itu, sebagai salah satu komponen bangsa, Kodim 0508/Depok senantiasa mendukung kegiatan pemberantasan narkoba khususnya di kalangan anggota TNI.
“Kami siap berantas narkoba, agar Indonesia semakin makmur dan jauh dari penyalahgunaan narkoba di masyarakat khususnya kalangan TNI,” tambahnya.

Sementara itu, Danramil 01/Pancoran Mas Kapten Arh Sairi, menyambut baik komitmen Kodim 0508/Depok dalam upaya memerangi peredaran gelap narkoba yang sudah sangat merisaukan negara. Dalam memerangi narkoba dibutuhkan komitmen bersama, sebab tidak mampu untuk bekerja sendiri memberantas narkoba, tanpa ada dukungan dari semua pihak.
“Kami berharap, dengan adanya tes urine ini, serta komitmen bersama dari semua pihak, maka peredaran narkotika khususnya di Kota Depok dapat segera diminimalisir dan ditumpas habis,”pungkasnya.
Penulis: Dian Afrianti Kunto / Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita / Diskominfo

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Ppwi Kota Depok

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

Feature

video

Cat-5

Cat-6