Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » Penggiat Sosial Kampung Lio Perkuat Sinergi dengan Pemkot Depok
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Depok | Pantau Terkini | Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk bersinergis dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam melakukan pembangunan. Karena itu, saat ini banyak bermunculan komunitas yang ingin membantu kinerja Pemkot dalam memajukan Depok. Salah satunya adalah Komunitas Education Youth Management (EYM) yang beranggotakan sejumlah penggiat sosial yang berada di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas.
Mentor EYM, Adeng mengatakan, Education Youth Management didirikan sejak Februari 2017. Keberadaan komunitas tersebut, dilatarbelakangi adanya kesamaan tujuan bagi para penggiat sosial untuk membantu Pemkot Depok dalam menyelesaikan sejumlah persoalan yang ada di Kampung Lio.
“Jadi memang di Kampung Lio ini terdapat banyak penggiat sosial yang peduli terhadap lingkungannya. Terlebih, semua penggiat tersebut merupakan warga asli Kampung Lio. Untuk itu, kami juga menghimpun untuk membuat sebuah wadah bagi para penggiat sosial yang ada di Kampung Lio tersebut,” katanya  kepada depok.go.id, Jumat (02/06/2017).
Dirinya menuturkan, sejak awal didirikan, komunitas EYM rutin mengadakan kajian yang berkaitan dengan berbagai persoalan sosial yang ada di Kota Depok. Dari kajian tersebut, sambung Adeng, terdapat sejumlah solusi yang akan direkomendasikan ke unsur RT dan RW, hingga ke Pemerintah Kota.
“Sebagai contohnya, untuk mengarahkan para pemuda di Kota Depok agar tidak melakukan perbuatan yang negatif, maka kita arahkan ke berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya dengan mendorong mereka agar mengikuti kegiatan yang bersifat religi, seperti majelis taklim yang ada di Kampung Lio,” tuturnya.
Dikatakannya, selain masalah kepemudaan, EYM Depok juga telah melakukan kajian terhadap munculnya sejumlah genangan air akibat meluapnya salah satu setu di Depok. Dari kajian tersebut, EYM Depok telah mengusulkan kepada Pemkot untuk melakukan pengerukan agar volume air yang dapat ditampung lebih maksimal.
“Alhamdulillah, selama ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok cepat merespon dan akan melakukan pengerukan pada setu tersebut,” terangnya.
Adeng berharap, agar setiap kajian yang dilakukan oleh komunitas EYM dapat membantu Pemkot Depok dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan sosial di Kota Depok. Dirinya menambahkan, nantinya, EYM Depok juga tak hanya melakukan kajian saja, namun juga memiliki sejumlah program kerja yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan.
“Ke depan, kita akan adakan program untuk penanaman pohon di sekitar lingkungan Kampung Lio. Agar semakin tersedia daerah resapan air yang lebih banyak lagi,” tandasnya.
Penulis : Guntur Widyanto / Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita / Diskominfo

About Ppwi Kota Depok

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments