Select Menu

Translate

Utama


Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP

Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » » Pemkot Balikpapan Harus Ketat Awasi Developer Nakal
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

" Pemkot Balikpapan  Harus Hentikan Pembangunan Perumahan Tanpa Izin yang Lengkap dan Satpol PP Harus Pantau Kelayakan dan Siteplan Sesuai Peruntukan"

Balikpapan,  Pantau   Terkini |   Seiring regulasi pembangunan perumahan rakyat di Kota Balikpapan berkembang pesat ramainya bisnis rumah murah Jokowi banyak diminati kalangan pengusaha pengembang perumahan dan pada akhirnya marak perumahan dibangun tanpa memikirkan lingkungan akhirnya  semakin berkurangnya ruang terbuka hijau dan serapan air.

Untuk itulah Pemkot Balikpapan diminta lebih ketat mengawasi pembangunan perumahan sesuai dengan     Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 Tentang Izin Lingkungan serta  kelengkapan persyaratan seperti izin prinsip, UKL/UPL dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Berdasarkan ketentuang dalam perundangan telah diatur dalam perda  N0.3 Tahun 2012 mengenai Perizinan Tata kota dan Perumahan kota balikpapan yang berdasarkan pada Pasal. 18 Ayat (6) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, UU Nomor.32 Tahun 2004 , Tentang Pemerintah Daerah. UU Nomor 26 Tahun 2007, Tentang Penataan Ruang. UU Nomor.1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Peraturan Pemerintah Nomor.36 Tahun 2005, tentang Peraturan pelaksanaan UU Nomor 28 Tahun2002 Tentang Bangunan Gedung, 
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2007  Tentang Pedoman Teknis Izin Mendirikan Bangunan Gedung.  Peraturan Daerah No.12 Tahun 2012 tentang Rencana Umum Tata Ruang Wilayah Balikpapan, Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 tentang Izin Mendirikan Bangunan setelah memahami semua barulah dibuat peraturan daerah kota balikpapan dan dilaksanakan secara teknis oleh petugas perizinan dinas tata kota dan perumahan.

Banyak modus pengembang saat ini.
Pengusaha perumahan belum lengkap izin-izinnya namun sudah membangun perumahan, bahkan sudah bekerja sama dengan pihak bank sebagai pemberi pinjaman untuk pembangunan perumahan. 
Hal tersebut disampaikan oleh salah satu pengembang perumahan murah di wilayah Ring Road 2, Kelurahan Sepinggan Baru, Sudarman.

“Banyaknya pengembang perumahan rumah murah, Pemkot Balikpapan jangan tutup mata melakukan pengawasan baik fasos fasum, IMB dan Jaminan  perbankan yang sudah pasti harus di tinjau sebagai jaminan awal.
Pemkot Balikpapan diminta selalu cermat dalam memeriksa dokumen dan kelengkapannya perusahaan  untuk antisipasi adanya indikasi pengembang membangun perumahan tanpa izin yang lengkap.

Satpol  PP sebagai penegak Peraturan dari PP hingga Perda sendiri harus rutin turun ke semua lokasi perumahan untuk mengecek kelengkapan izin,” ujar pengembang yang berkantor di Km 8 Karang Joang Balikpapan, Minggu (18/6) kemarin.

Dia mengungkapkan, di wilayah RT 57 Kelurahan Sepinggan Baru, ada pengembang perumahan rumah murah yang diduga belum melengkapi perizinan, namun sudah memulai pembangunan. Dugaan tersebut  juga dikuatkan oleh Ketua RT setempat yang mengatakan, perizinan belum lengkap, namun sudah membangu papar Sudarman di Hotel Central Jakarta  kepada Pantau Terkini (18/6/2-17) (Dj)

About Ppwi Kota Depok

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments