Top Ad 728x90

09 June 2017

,

Manfaatkan Medsos, UMKM Titungs Tembus Luar Pulau Jawa


Depok | Pantau Terkini | Kemajuan teknologi internet yang semakin pesat memberikan banyak manfaat bagi para pelaku usaha khususnya di Kota Depok. Salah satunya adalah UMKM Titungs yang memanfaatkan internet sebagai media utama untuk memasarkan produknya.

Pemilik UMKM Titungs, Tin Sulistyowati mengatakan, usahanya berdomisili di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. Menurutnya, dengan perkembangan teknologi saat ini, dapat membantu dalam kemajuan UMKM miliknya. Kini, dirinya pun tak kesulitan untuk memasarkan produknya, bahkan produknya sudah menjangkau hingga luar pulau Jawa.

“Dulu sebelum ada media sosial, saya susah sekali untuk menjual produk, karena saya seorang ibu rumah tangga juga, kadang waktu pun habis untuk keluarga. Tetapi, sekarang dengan adanya media sosial semakin terasa lebih mudah untuk memasarkan produk ini. Lalu penghasilan yang saya peroleh sekitar Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta per bulan,” jelasnya kepada awak media , Jumat (02/06/2017).
Dikatakannya, UMKM Titungs memproduksi berbagai barang kerajinan seperti aksesoris, tas, kalung dan tempat tisu. Ada salah satu produknya yang unik yaitu tempat tisu yang dirancang untuk tisu basah, sekaligus tisu kering.

“Ada salah satu yang unik dari produk saya yaitu tempat tisu yang dibuat untuk menyimpan tisu basah dan tisu kering. Produk tersebut pun saat ini belum ada dipasaran,” tuturnya.
Lebih lanjut, Tin menuturkan, dengan produk karyanya, alhasil Tin dipercaya untuk mewakili Kota Depok di ajang Inacraft yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Apri 2017. Dalam pameran tersebut, Tin pun memperkenalkan salah satu produknya yaitu tempat tisu yang banyak disukai oleh masyarakat.
“Produk tempat tisu saya itu banyak sekali peminatnya dan tempat tisu menjadi produk yang banyak diminati masyarakat”, katanya.

Tin pun berharap, Pemerintah Kota Depok  terus mendukung pelaku UMKM seperti dirinya, serta merekrut para pengrajin atau usaha kecil yang ada di Depok. Agar bisa bersama-sama memajukan Kota Depok.
“Harapan saya agar Pemerintah Kota dapat terus mendukung dan merangkul para pelaku UMKM. Misalnya dengan menyediakan fasilitas seperti bazar, mengadakan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pemasaran, packaging atau kemasan khususnya untuk perkembangan craft di Depok,” pungkasnya.
Penulis : Jose Marques / Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita / Diskominfo

0 komentar:

Top Ad 728x90