Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » » Ketua DPRD Luwu Timur,Serukan, Terus Kawal Nilai Luhur Pancasila
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Malili-Pantau Terkini.co.id.Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut.
Sejak tahun 2017, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, telah menetapkan tanggal  1 juni 1945 sebagai Hari Lahir  pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur Amran Syam,SH berharap kepada generasi penerus bangsa agar tetap bersemangat, ayo generasi ke generasi terus mengawal nilai nilai Luhur Pancasila, Pemuda Pancasila sebagai Garda terdepan, sebagai Pewaris Bangsa, pewaris tahta negeri ini, serukan kebangkitan,  jangan mundur, maju terus, jangan biarkan siapapun yg ingin meronrong supremasi kebihnekaan Pancasila.

Penghargaan & sikap toleransi ke-bernegara-an Tertinggi dan Teragung yang pernah ditunjukkan anak bangsa adalah ketika Pancasila diterima dan dikukuhkan tanpa sikap resistensi, sebagai dasar dan ideologi ber-negara Indonesia, sebagaimana dalam Pembukaan UUD 1945.
“Hanya ada satu, satu Nusa, satu Bangsa, satu Bahasa” NKRI, Harga mati. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017. “ucap Abang sapaan akrabnya kepada awak media
Penulis:Hms/Suardi
Editor:Muhlis

About Berita Terkini

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments