Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » Donor Darah Saat Ramadan, Ini Waktu yang Dianjurkan PMI Depok
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Depok | Pantau Terkini | Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketersediaan jumlah kantong darah di Kota Depok agar tetap aman. Salah satunya, dengan terus mengajak warga Depok untuk melakukan donor darah meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.
Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan, selama Ramadan, masyarakat di Depok tetap dapat melakukan donor darah selama bulan Ramadan. Namun, lanjut Dudi, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.
“Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadan bisa di pagi hari atau di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar para pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” jelas Dudi kepada depok.go.id, saat ditemui di Markas PMI Kota Depok, belum lama ini.
Dikatakannya, ketersediaan kantong darah di seluruh daerah cenderung menurun di bulan Ramadan. Hal tersebut, sambung Dudi, disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat untuk mendonorkan darah saat berpuasa.
“Hingga Jumat (02/06/2017), untuk jumlah kantong darah yang ada di Kota Depok tersisa 633 kantong lagi. Padahal pada bulan sebelumnya, jumlah kantong darah yang tersedia mencapai 982 kantong. Sedangkan rata-rata kebutuhan kantong darah di PMI Kota Depok dalam satu bulannya bisa mencapai 1800 kantong. Untuk itu, kami mengajak masyarakat di Depok untuk tetap mendonorkan darahnya, meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa. Karena justru bisa menyehatkan tubuh si pendonor tersebut,” terangnya.
Menurut Dudi, pihaknya memiliki sejumlah terobosan untuk meningkatan semangat warga Depok untuk melakukan donor darah. Salah satunya, dengan menyediakan 1000 kupon bagi masyarakat yang mendonorkan darahnya selama di bulan Ramadan.
“Jadi, dari tanggal 6 Juni hingga 12 Juli 2017, bagi masyarakat yang mau donor darah baik di markas PMI maupun di tempat umum yang difasilitasi oleh PMI Depok, maka, kami akan berikan kupon undian. Nantinya, pada tanggal 12 Juli bertepatan dengan Hari Donor Darah se-Dunia akan dilakukan pengundian, agar mereka (pendonor) mendapatkan sejumlah hadiah,” tuturnya.
Dudi berharap, dengan diadakannya program tersebut, dapat menarik minat masyarakat untuk melakukan donor darah walaupun sedang berpuasa. Dengan begitu, sambung Dudi, ketersediaan kantong darah yang ada di PMI Kota Depok dapat kembali meningkat.
“Untuk program tersebut, kami tidak menentukan berapa target kantong darah yang harus terkumpul. Sebab yang terpenting, kebutuhan kantong darah bagi masyarakat di Depok dapat terpenuhi. Kami selaku mitra Pemerintah akan terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut,” tutupnya.
Penulis : Guntur Widyanto / Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita / Diskominfo

About Ppwi Kota Depok

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments