Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » DKPPP akan Sidak Pedagang Daging
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post



Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok akan menggelar operasi mendadak (sidak) ke beberapa pasar swalayan dan tradisional. Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan Pangan Asal Hewan (PAH) agar sesuai standar kesehatan dari Food and Agriculture Organization (FAO).

“Kita akan monitoring untuk memastikan daging yang beredar memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH). Kami membentuk tim sebanyak 21 orang. Nantinya mereka akan menyebar ke seluruh pasar dan swalayan yang ada di Kota Depok,” ujar Kepala DKPPP, Farah Mulyati di ruang kerjanya, Rabu (07/06/2017).

Pihaknya, kata dia, telah mendata pedagang mana saja yang akan diambil sampel dagingnya. Nantinya, tim sidak akan membeli sejumlah daging untuk diuji di laboratorium. Adapun pemeriksaan meliputi kandungan daging gelonggongan, formalin, dan uji spesies keaslian daging sapi atau ayam yang dipotong.

“Nanti kita uji spesies, apakah daging tersebut benar-benar daging sapi dan ayam atau dicampur daging babi. Karena akan banyak kecurangan yang dilakukan pedagang dan tidak semua konsumen bisa membedakan. Kita juga lakukan pemeriksaan uji telur apakah ada kandungan salmonelanya atau tidak, karena salmonela bisa mendatangkan penyakit,” tambahnya.

Jika hasilnya ditemukan ada beberapa pedagang nakal, DKPPP kata Farah, berhak untuk melaporkan pedagang tersebut kepada pihak berwajib. DKPPP juga akan mengistruksikan kepada pedagang untuk tidak menjual daging tersebut ke masyarakat.
“Penindakan bukan bagian kita, itu sudah masuk ranah hukum. Kita hanya berkewajiban memastikan PAH yang beredar di pasaran aman,” pungkasnya.
Penulis: Vidyanita/ Editor: Dunih dan Yulia Shoim / Diskominfo

About Ppwi Kota Depok

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments