Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » Dinkes Maksimalkan Pengawasan Industri Pangan
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Depok | Pantau Terkini | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan melakukan pengambilan sampel terhadap beberapa jenis makanan yang dihasilkan para pelaku industri. Upaya memperketat pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan kalangan industri pangan yang mencampurkan kandungan zat berbahaya pada makanan hasil produksinya.

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati Sulistijanigrum Sanjoto menjelaskan, pihaknya akan mendatangi 30 lokasi pelaku industri yang tersebar di seluruh wilayah Kota Depok. Nantinya, dari 30 lokasi tersebut akan diambil 85 hasil produksinya untuk dijadikan sampel.

“Pengambilan sampel akan mulai kami lakukan saat masuk bulan Ramadan ini, agar nantinya ada evaluasi, peringatan, serta perubahan kandungan makanan yang dihasilkan para pelaku industri tersebut,” tuturnya, Jumat (02/06/2017).

Untuk pengujian makanan, kata Ernawati, ada beberapa parameter yang akan digunakan seperti, kandungan zat pemanis buatan dengan batas berlebih, bakteri makanan maupun bakteri air, kandungan boraks, pewarna tekstil yang digunakan pada makanan, formalin, serta benzoat.

Ernawati menambahkan, sampel makanan tersebut akan dikirimkan ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaaan lanjutan. Jika ada makanan yang teridentifikasi mengandung zat berbahaya, Dinkes Kota Depok akan memberikan peringatan agar pelaku industri yang bersangkutan menarik dan memusnahkan produknya.

“Ada tahapan peringatan, yang pasti makanan dengan kandungan berbahaya harus ditarik dari peredaran karena akan membahayakan masyarakat, terlebih saat Lebaran banyak yang membeli makanan untuk disajikan kepada tamu,” tutupnya. 

About Ppwi Kota Depok

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments