» » Senam Massal Peringati Hari Lanjut Usia Nasional

Senam Massal Peringati Hari Lanjut Usia Nasional

Penulis By on 26 May 2017 | No comments

Luwu Timur –Pantau Terkini.co.id. Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2017, diperingati ratusan lansia dengan melakukan senam sehat lansia yang di pusatkan di Lapangan Merdeka Puncak Indah Malili. Selain peserta dari para lansia yang berasal dari perwakilan 14 Puskesmas se-Kabupaten Luwu Timur juga diikuti para Jamaah Calon Haji (CJH), Jum’at (26/05).

Kegiatan senam masal Lansia dibuka oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Budiman. Hadir pula yang Plt. Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sukarti, Kandepag Lutim, Sekertaris Dinas Kesehatan, Andi Yuliani Adnan, dan Para kepala Puskesmas se Luwu Timur.
Dalam sambutannya, Budiman mengapresiasi kegiatan senam masal dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diselenggarakan oleh Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Luwu Timur dengan melibatkan peserta lansia.

Menurutnya dengan rutin berolahraga, kesehatan fisik para lansia bisa terjaga dengan baik. Disamping itu juga, para lansia bisa lebih aktif dan produktif jika kesehatan fisiknya terjaga.
“Mari sama-sama kita rutin berolahraga, agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Ciptakan berbagai kegiataan yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan para lansia,” jelasnya.

Budiman menambahkan, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui program-program unggulan yang sudah dicanangkan dan berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya para lansia agar diberikan pembinaan untuk memelihara kesehatan rohani dan jasmaninya.

Panitia Pelaksana, Julaeha Talib menjelaskan bahwa kegiatan senam masal ini bertujuan untuk memotivasi dan menggerakkan para lansia untuk meningkatkan kesehatan fisiknya. Selain itu mendorong terwujudnya kesadaran para lansia dan generasi penerus akan arti pentingnya kesehatan serta melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lanjut usia.

“Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera” mengandung makna bahwa negara memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan lanjut usia, berpihak kepada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosial masyarakat. Sementara untuk bidang kesehatan mengangkat sub Tema ” Giatkan Germas Wujudkan Lansia Sehat Aktif, Mandiri dan Produktif,” ujar Juleha.

“Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kepedulian dan pengabdian yang totalitas dari segenap komponen bangsa untuk bersama sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup para lansia, sehingga diharapkan pada tahun 2025 akan tercapai Lanjut Usia Indonesia Sejahtera,” kata Juleha.
Penulis:Hms/Suardi
Editor:Muhlis
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya