PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Walikota Tegal Launching Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan

Tegal | Pantau Terkini | Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan salah satu bentuk pe-menuhan hak konstitusional anak, karena ia menjadi salah satu identitas anak yang dilindungi negara. KIA juga sebagai salah satu upaya untuk menjamin dan melindungi anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan.

Bahkan menurut Walikota KMT.Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya meyampaikan, "saya harap momentum ini dapat menggugah dan membangkitkan kesadaran segenap elemen masyarakat, akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak. termasuk didalamnya pemenuhan pelayanan administrasi kependudukan,” 
Disela-sela acara acara launching penyerahan KIA dan Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan, Senin, 13 Maret 2017 yang bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal.


Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno juga sangat mengapresiasi atas beberapa inovasi yang dilakukan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan anak, terutama untuk mewujudkan Kota Tegal layak anak. diantaranya pemenuhan hak anak di Kota Tegal untuk memiliki KIA di bawah umur 17 tahun mulai diberlakukan.


“Pemerintah Kota Tegal menjadi salah satu dari 50 Kabupaten dan Kota di Indonesia, yang mulai menerapkan KIA sebagai program baru yang belum pernah ada sebelumnya. dan sungguh menggembirakan, ternyata masyarakatpun antusias menyambutnya,” ungkapnya.


Ditambahkan pula " manfaat yang akan dipetik atas pemberlakuan KIA, yakni sebagai tanda pengenal atau bukti diri. ke depan tidak menutup kemungkinan akan menjadi bahan persyaratan pendaftaran sekolah, melakukan transaksi keuangan di perbankan atau rumah sakit, pembuatan dokumen keimigrasian, mengurus klaim santunan kematian, mencegah terjadinya perdagangan anak, serta membantu pemerintah daerah dalam mendata perkembangan generasi muda,” ucap Walikota.

“Pemerintah Kota Tegal juga akan terus berupaya memenuhi hak sipil anak dengan men-dorong peningkatan kesejahteraan anak, baik secara jasmani maupun rohani, dalam rangka mewujudkan Kota Tegal sebagai Kota Layak Anak,” imbuh Walikota.


Lebih lanjut diungkapkan oleh Walikota Tegal bahwa setelah diluncurkan KIA ini berharap kedepan bisa meminimalisir terjadinya eksploitasi terhadap anak-anak di Kota Tegal. Karena secara otomatis dengan kepemilikan KIA, nama sekaligus alamat lengkap si pemilik ter-cantum dalam kartu tersebut, memudahkan Pemerintah Kota Tegal untuk memantau keberadaan mereka dan siapa orang tuanya.

“Penerbitan KIA juga menjadi pedoman penting data administrasi kependudukan dan penyusunan strategi perlindungan anak, serta pelayanan publik anak  sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara,” ucap Walikota.

“Mulai saat ini akan kita lakukan pendataan penduduk, sejak lahir sampai anak berkewajiban memiliki KTP, atau memiliki hak untuk melakukan tindakan hukum,” imbuh Walikota.
Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Kartu Identitas Anak kepada perwakilan 27 Kelurahan dan peluncuran Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan.


“Pelayanan prima bidang kependudukan kini akan semakin prima pula dengan adanya mobil pelayanan administrasi kependudukan, yang akan bergerak di 27 Kelurahan dan 4 Kecamatan untuk memberikan pelayanan kependudukan secara jemput bola,” ungkap Walikota, sesaat setelah pemotongan rangkaian bunga melati, tanda diresmikannya mobil tersebut.

Walikota juga menyaksikan sampling perekaman E-KTP serta melihat isi dan fungsi dari mobil tersebut guna memastikan dapat di pergunakan di masyarakat.
Secara pribadi Walikota Juga memberikan tali asih kepada 27 anak yang akan menerima KIA berupa tabungan yang harapannya bisa untuk membeli susu bagi anak, termasuk juga untuk keperluan pendidikan anak-anak.
Sementara itu menurut Plt . Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Drs. Ali Rosyidi bahwa Jumlah anak usia dini merupakan awal bagi para orang tua untuk melindungi anak, sebab anak merupakan generasi bangsa dan negara yang harus kita lindungi. (CN)

Panter Redaksi

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata