Sebanyak 4.204 Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Indonesia Diwisuda



Pantau Terkini | Depok,  Universitas Indonesia mewisuda sebanyak 4.204 mahasiswa program vokasi, sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017. 730 wisudawan
berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Rektor UI Muhammad Anis, memimpin upcara Wisuda dan Dies Natalis yang dilaksanakan di Balairung UI, kampus Depok, Sabtu (4/2/2017).

Muhammad Anis meyakini bahwa Pendidikan Tinggi mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk percepatan agenda pembangunan Indonesia. Perguruan Tinggi bukan hanya sekedar ruang untuk kegiatan pengajaran melainkan lebih dari itu, Perguruan Tinggi juga mampu berkontribusi dalam memutus rantai kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial dengan mencetak SDM yang terampil dan inovatif.Untuk itu, UI memfokuskan diri pada peningkatan kapabilitas  riset, inovasi, dan penguatan Sumber Daya Manusia." Ketiga poin utama tersebut menjadi nadi utama rencana strategis universitas untuk berlari membawa nama bangsa dalam kancah pendidikan tinggi di dunia,"ujar Rektor.

Pada prosesi Upacara Wisuda Program Pascasarjana diikuti oleh 2.062 Wisudawan yang terdiri atas 350 wisudawan Program Profesi, 305 wisudawan Program Spesialis, 1.284 wisudawan Program Magister dan 123 wisudawan Program Doktor. Sebanyak 143 wisudawan Program Profesi mendapatkan predikat Cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu 3,88 yang diraih oleh Azzahra dan Prabowo Putra Kembuan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pada Program Spesialis, 29 wisudawan meraih predikat Cumlaude. Ardiny Andriani, wisudawan asal Fakultas Kedokteran Gigi program studi Spesialis Ortodonsia berhasil meraih IPK tertinggi (IPK 3,91). Sedangkan 182 wisudawan Program Magister meraih predikat Cumlaude dan Ahmad Arinaldi dari Fakultas Ilmu Komputer dan Nina Kade Nirmala dari Fakultas Teknik meraih IPK Tertinggi yaitu 3,98. Pada jenjang Doktoral, UI menghasilkan 123 Doktor dari 13 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana UI dimana Fakultas Kedokteran merupakan fakultas penghasil Doktor terbanyak yaitu sebanyak 24 wisudawan. Terdapat 9 wisudawan Program Doktor mendapatkan predikat Cumlaude dan IPK tertinggi diraih oleh Yohan Suryanto dari Fakultas Teknik dan Putu Wuri Handayani dari Fakultas Ilmu Komputer dengan IPK 4.

Sedangkan pada Upacara Wisuda Program Vokasi dan Sarjana, UI meluluskan 2.142 wisudawan yang terdiri atas 92 wisudawan program Vokasi/Diploma, 1.156 wisudawan Program Sarjana Reguler, 480 wisudawan Sarjana kelas Paralel, 170 wisudawan Sarjana Kelas Internasional dan 244 wisudawan Sarjana Ekstensi. Pada program Sarjana Reguler yang berhasil mendapatkan predikat cumlaude adalah sebanyak 272 wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Pusaka Kaleb Setyabudi dari Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) dengan IPK 3,96.

Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, predikat cumlaude tertinggi diraih oleh Kimiko Kanani Widjaja dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan IPK 3,86.  Sedangkan predikat lulusan termuda pada jenjang Sarjana dengan predikat cumlaude  diraih oleh Howard Julio Tigris yang keduanya berhasil lulus dari FISIP program studi Ilmu Komunikasi pada usia 19 tahun 7 bulan.(wandi) 

Post a Comment

Post a Comment