DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Puti Guntur Soekarno Peringati hari Ibu bersama Program Indonesia Pintar.

PANTER |  Ciamis - Puti Guntur Soekarno memperingati hari Ibu dalam pertemuan bersama kelompok ibu penerima program Indonesia Pintar di Rancah, Ciamis, Kamis (22/12).
"Dalam sejarahnya, di saat bangsa ini terjajah, perempuan-perempuan hebat Indonesia berani menyatukan ide dan gagasannya dari satu kongres ke kongres lain. Tak mudah, kaum perempuan menyatukan diri di tengah perang kemerdekaan berkecamuk," ujar Anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno.
Adanya kongres ketiga Perempuan tahun 1938 mencetuskan 22 Desember sebagai hari ibu Indonesia lalu pada tahun 1959, Presiden Soekarno menetapkan S.K. Presiden R.I. No.316/tahun 1959 yang menguatkan bahwa tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Ibu untuk memberikan penghargaan kepada perjuangan kaum perempuan Indonesia
Kongres Perempuan Indonesia pertama tepat pada tanggal 22 Des 1928 menghasilkan 3 tuntutan kepada pemerintah kolonial saat itu, yaitu penambahan sekolah bagi perempuan, dan pernikahan diberikan keterangan taklik/janji dan syarat-perceraian dan peraturan  yang mengharuskan diberikannya tunjangan bagi para janda & anak-anak yatim/piatu pegawai pemerintah.

Fakta sejarah tersebut menggambarkan tentang perjuangan emansipasi perempuan Indonesia pada masa kolonial untuk memperjuangkan hak-haknya secara konkrit.
"Memaknai hal tersebut, sepantasnya dalam era kemerdekaan yang telah berusia 71 tahun ini, wajib kita lanjutkan dengan memberikan ruang yang lebih kepada kaum perempuan Indonesia sekarang dalam mengisi pembangunan negara & bangsa tanpa harus ada diskriminasi lagi di segala bidang," ujar Puti.
Selain itu, Puti menilai bangsa Indonesia juga harus benar-benar menyadari bahwa tinggi rendahnya tingkat kemajuan suatu masyarakat ditentukan oleh tinggi rendahnya tingkat kedudukan perempuan di dalam masyarakat.
Sebab itu,  ia menyebut, hal ini akan menjadi tantangan bangsa ini, dan momentum Hari Ibu yang tepat jatuh pada hari ini bisa benar-benar menjadi langkah awal untuk memberikan ruang yang cukup dan kepercayaan yang tinggi kepada perempuan indonesia untuk ikut berjuang untuk Tanah Air yang kita cintai.
(Rsk)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6