PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Pilkada Susulan Pematang Siantar, "Antar Lanjut Atau Tidak"

PANTER – SIANTAR, Pilkada susulan Siantar masih menghadapi masalah serius yang berkaitan dengan anggaran. Hingga 11 hari jelang pemungutan suara yang akan digelar 16 November 2016, belum ada titik terangnya terkait anggaran biaya Pilkada, Persoalan ini muncul karena belum ditandatanganinya Nota Persetujuan Hibah Daerah (NPHD) oleh Penjabat Walikota Pematangsiantar.

Hal itu disampaikan, Mangasi Tua Purba, Ketua KPU Pematangsiantar di kantornya Jalan Porsea, Kecamatan Siantar Barat, Jumat (4/11).

Menurut Mangasi Purba, alasan tidak ditanda tanganinya NPHD belum diketahui. Hanya saja seluruh administrasi sudah mereka siapkan.

“Pertemuan yang kemarin itu pak Pj Walikota yang tidak mau menandatangani. Kita tidak tahu alasannya apa. Katanya surat, padahal surat dari Mendagri sudah ada. Kalau pada pertemuan terakhir di rumah dinas (Walikota) sudah kita ultimatum. Kalau tidak menandatangani NPHD hingga anggaran kita habis, ya terpaksa kita tunda Pilkada, tapi penundaan karena ketersediaan Pemko menguncurkan dana, bukan hal lain,” katanya.

“Sejak awal dari KPU tidak ada persoalan. Apa yang dimintakan Pemko yaitu surat dari Dirjen Keuangan sudah ada. Kan itu yang dikuatirkan Pemko tidak ada. Dan kemarin itu sudah kita berikan. Kalau soal payung hukum Pilkada tidak perlu, karena putusan MA itu sudah kuat ditambah dengan surat KPU RI,” tambahnya.

“total anggaran Pilkada mencapai Rp20 miliar. Rincian proses uang masuk ke KPU, pertama Rp11 miliar, kedua diterima Rp5 miliar. Ini bagian dari yang pertama dan tambahan Rp3,5 miliar dan terakhir di PAPBD tambahannya Rp500 juta, Kebutuhan yang diperlukan untuk TPS nanti pada hari pemungutan suara, honor KPPS, Linmas, biaya pengiriman logistik, uang makan dan sebagainnya. Untuk kebutuhan totalnya belum bisa kita hitung persisnya karena masih ada kebutuhan lain yang harus kita siapkan. Yang pasti kalau ada kelebihan anggaran akan kita kembalikan,” jelasnya.

Terpisah, Pj Walikota Pematangsiantar, Anthony Siahaan tidak menepis soal belum ditanda tanganinya NPHD tersebut. Alasannya adalah karena sampai saat ini belum mendapatkan surat asli dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri melalui Dirjen Keuangan.

“Surat yang sampai kepada Pemko Siantar hanya sebatas foto copy, padahal Pemko membutuhkan surat asli dari Mendagri. Jadi sampai saat ini kita belum terima, hanya yang kita terima ini sebagai tembusan yah, hanya foto copyan,” terangnya.

Anthony ungkapkan menanda tangani NPHD jika sudah mendapatkan surat asli dari Mendagri. Ia sendiri berjanji akan menjemput bola dengan mendatangi Mendagri guna memastikan adanya surat keputusan untuk mengeluarkan anggarannya atau NPHD.

“Kalau surat Mendagri itu sudah ada kita pegang, kita pelajari, NPHD itu langsung kita tanda tangani. Sepertinya kita harus lari cepat, hari minggu ini staf kita akan berangkat (ke Jakarta),”katanya. (M.Ir) 

Kareem

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata