DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » GUBSU : Erry Targetkan 2017 Pengungsi Sinabung Tidak Lagi Berada Diposko, dan Berpesan 3 Hal pada Pengungsi

PANTER – SUMUT, Gubenur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi berpesan tiga hal kepada Pengungsi Gunung Sinabung, serta menargetkan paling lama kwartal pertama tahun 2017 seluruh pengungsi erupsi gunung Sinabung tidak ada lagi yang berada di posko pengungsian. Semua pengungsi, sudah harus mendapat tempat tinggal baik itu berupa hunian sementara (huntara) atau hunian tetap.

Hal tsb, ditegaskannya dalam kunjungannya ke Posko Pengungsian di Jalan Kiras Bangun Kecamatan Simpang Empat, Kabanjahe Kamis (3/11).

Gubsu didampingi Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Corry Sebayang , Ketua TP PKK Evi Diana Erry Nuradi dan beserta istri Kapolda dan istri Pangdam I/BB.

Erry Nuradi meminta Pemerintah Daerah dan pihak terkait dapat segera merealisasikan pemindahan para pengungsi yang sudah menderita bertahun – tahun di posko pengungsian.

“Pemerintah pusat sudah menyediakan anggarannya, tinggal daerah yang mengatur pelaksanaannya. Saya harap Pemda dapat dengan sebaiknya dan sesegera mungkin memindahkan para pengungsi ke huntara atau hunian tetap,” ujar Erry.

“Masih cukup banyak pengungsi yang ada di tempat penampungan kita berharap segera dibangun hunian sementara (HUTARA) dan hunian tetap. Informasi yang kita dapat dalam minggu ini Huntara akan dikirim oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan akan segera dibangun,” kata Erry.
Sementara Pangdam I/BB meminta Pemkab melakukan percepatan penyediaan lokasi Huntara dan Hunian tetap.
“Yang terpenting relokasi harus mengikuti kearifan local. Daya tamping harus disesuaikan dengan kondisi , jangan dipaksakan sehingga mengganggu ketentaraman masyarakat yang ada di lokasi,” tegas Lodewyk.

Dalam kesempatan itu, Gubsu didampingin unsure FKPD menyerahkan secara simbolis bantuan sandang dan pangan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung warga Desa Kuta Tengah yang menempati Posko Pengungsi di Jalan Kiras Bangun Kecamatan Simpang Empat.

HT Erry Nuradi berpesan tiga hal kepada para pengungsi yaitu jangan mencoba menerobos zona merah atau zona larangan di bawah radius 5 km dari kawah. Kedua, selama di pengungsian harus menjaga kekompakan dan kebersihan agar terhindar dari berjangkitnya penyakit. Dan ketiga, tetap melakukan aktivitas sebagaiamana biasa, seperti anak-anak harus tetap bersekolah. 

Sebelumnya Erry dan rombongan berangkat meninjau Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Kecamatan Simpang Empat. Dari pos pengamatan tersebut, Gubsu dan rombongan bisa menyaksikan lokasi bekas Desa yang telah tertimbun material vulkanik setinggi 30-40 meter. Gubsu, Kapolda dan Pangdam mendapatkan penjelasan dari petugas mengenai lokasi-lokasi yang termasuk dalam zona bahaya. Mereka memantau langsung aktivitas gunung sinabung melalui teropong yang ada di pos pengamatan tersebut.  (Aasof)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Kareem

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6