DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » » 360 Siswa Kalibaru 3 sikat gigi bersama PDGI Kota Depok

PANTER |Depok Terkini, Dalam rangka kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, sedikitnya 360 siswa SDN Kalibaru 3 di kawasan Asrama Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, mengikuti kegiatan gosok gigi bersama dan konsultasi gigi dan mulut yang dilayani oleh 45 dokter gigi dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Depok, Rabu (2/11).

Kepala SDN Kalibaru 3 Dadi Mulyadi kepada Depok Terkini, mengatakan kegiatan sosial tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan 21 hari lalu. Di mana saat itu, selain gosok gigi bersama juga dilakukan pemeriksaan gigi dan kesehatan mulut dan siswa diberi pengarahan termasuk pengetahuan tentang perawatan kesehatan gigi.

 "Kegiatan saat ini tindak lanjutnya, gigi diperiksa dokter dan akan diberikan penanganan lanjutan jika ditemukan siswa yang giginya sakit dan berlubang serta yang lainnya. Kegiatan ini juga merupakan satu upaya abituasi atau pembiasaan bagi siswa untuk menjaga kesehatan giginya," ujar Ketua

Kelomok Keja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Cilodong sekaligus Ketua K3S Kota Depok. Walau tidak ditemukan adanya siswa yang mengalami sakit gigi, lanjut pria berlumis ini, diharapkan murid-muridnya dapat membiasakan sikat gigi sesuai anjurn dokter dua kali dalam sehari, pagi dan malam menjelang tidur.

"Untuk mengingatkan dan membiasakan sikat gigi dua kali dalan satu hari, setiap siswa mendapat stiker yang harus ditempel di tempat sikat giginya jika sudah menggosok gigi baik pagi atau malam," paparnya.

Dalam kesehariannya, lanjut Dadi Mulyadi, para guru di SDN Kalibaru 3 selalu mengingatkan murid-muridnya agar selalu membersihkan gigi di waktu pagi dan malam. Dengan demikian murid akan menjadikan gosok gigi satu kebiasaan rutin dan menjadikan satu kebutuhan untuk kesehatannya yang harus selalu dipenuhi setiap hari. 

"Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu kesehatan dasar dari tubuh kita. Jika gigi dan mulut tidak sehat, ini akan mengganggu seluruh kesehatan tubuh kita juga mempengaruhi aktivitas kita. Makanya, gigi dan mulut harus bersih dan sehat setiap haru. Hal inilah yang setiap hari diingatkan kepada murid-murid," pungkas Dadi Mulyadi.(ash)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6