PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Tidak Ingin Sidang Dilanjutkan Anggota DPRD SU (Sutrisno Pangaribuan) Larikan "PALU" Pimpinan Sidang

PANTER – MEDAN, Sidang paripurna DPRD Sumut dengan agenda pemilihan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) dihujani debat dan intrupsi. Bahkan, palu sidang milik pimpinan dewan dilarikan Sutrisno Pangaribuan dari Fraksi PDIP, yang kecewa dengan dilanjutkannya paripurna pemilihan wagubsu tersebut.

Sutrisno Pangaribuan dari awal memang menyuarakan penolakan serta meminta sidang paripurna pemilihan Wagubsu ditunda karena bertentangan dengan UU No 10/2016. Politisi PDIP ini berulang kali melayangkan interupsi.

Sutrisno mencecar pimpinan sidang, Parlinsyah dengan pertanyaan, khususnya tentang putusan PTUN Jakarta yang mengabulkan gugatan PKNU Sumut. Di dalam putusan itu, PTUN Jakarta memutuskan agar dilakukan penundaan pelaksanaan keputusan Surat Nomor: 122.12/5718/OTDA tertanggal 4 Agustus 2016 perihal mekanisme pengisian Jabatan Wagubsu.

"Pengesahan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Sisa Masa Jabatan 2013-2018 hanya dilakukan melalui paripurna DPRDSU sesuai Pasal 176 UU No.10 Tahun 2016 Tentang Pemilukada dimana dua nama tersebut diusulkan secara bersama oleh seluruh partai pengusung dalam satu dokumen," kata Sutrisno.

Sayangnya, pernyataan Sutrisno tidak direspon pimpinan dewan. Malah Parlinsyah seakan mengabaikan intrupsi Sutrisno.

"Paripurna ini tetap dilanjutkan, setuju," kata Parlinsyah disambut kata setuju dari anggota dewan yang hadir.

Karena keinginannya tidak diakomodir, Sutrisno mengambil sikap dengan meninggalkan ruang sidang paripurna. Sebelum pergi, Sutrisno menghampiri pimpinan dewan dan menyebut bahwa sidang paripurna yang digelar kali ini sudah bertentangan dengan UU No 10/2016.

Setelah menyalami satu persatu pimpinan dewan. Sutrisno malah mengambil palu sidang milik pimpinan dewan dan pergi meninggalkan ruang sidang paripurna.

Insiden ini mendapat respon beragam dari seluruh peserta sidang paripurna DPRD Sumut. "Sebagai anggota dewan, kita mendesak BKD untuk segera memproses sikap tidak terpuji yang ditunjukkan Sutrisno," kata Anggota DPRD Sumut Fraksi Demokrat, Mustofawiyah Sitompul.

Tidak bergeming, Sutrisno pun melanjutkan langkahnya untuk meninggalkan ruang sidang paripurna dengan palu pimpinan dewan di tangannya. Usia meninggalkan ruang paripurna, Sutrisno kembali ke ruangannya di Komisi C lantai 2 gedung DPRD Sumut.

Disebutkannya, dari awal pansus menjadikan UU No 10/2016 pasal 174 sebagai dasar. Selain itu, pansus juga berpegang terhadap No 122.12/571/OTDA tanggal 4 Agustus 2016. Namun pada kenyataannya, didalam laporan pansus yang pada halaman 12 poin 9 disebutkan, karena belum adanya PP dan atau peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pemilihan kepala daerah, dan atau tentang Pemerintah Daerah khusus yang terkait dengan pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur Sumut maka yang dapat dijadikan dasar hukum dalam hal pemilihan pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur Sumut sisa masa jabatan 2013-2018 adalah pasal 176 ayat (1) dan ayat (2) dan ayat (4) UU nomor 10/2016 junto Radiogram Menteri Dalam Negeri T.122/5237/OTDA Surat Kementrian Dalam Negeri No 122.12/571/OTDA tanggal 4 Agustus 2016.

"Ini yang membuat saya memilih untuk keluar dari ruang sidang paripurna. Banyak kekeliruan, banyak permainan kotor didalam prosesnya," kata Sutrisno kepada wartawan usai mengambil palu milik pimpinan dewan.

Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Sumatera Utara (DPRD) Sumut bakal memproses sikap Anggota DPRD Sumut Fraksi PDI-Perjuangan Sutrisno Pangaribuan yang mengambil palu saat berlangsungnya sidang paripurna pemilihan calon wakil gubernur sumut (Cawagubsu), Senin (24/10).

Ketua BKD Syamsul Bahri mengatakan pihaknya akan memanggil serta meminta klarifikasi dari Sutrisno dalam waktu dekat.

 "Minggu ini juga akan kita panggil,"kata Syamsul kepada wartawan di gedung DPRD Sumut, Selasa (25/10).

Politisi Golkar itu mengaku saat ini tengah mempelajari tata terbit (Tatib) serta kode etik anggota dewan.

"Sedang kita lihat, pasal mana yang dilanggarnya. Seluruh anggota BKD setuju sikap Sutrisno yang mengambil palu untuk diproses,"katanya. Hasil keputusan BKD, lanjut dia, akan disampaikan kepada pimpinan dewan serta pimpinan PDI-P ditingkat provinsi dan tingkat pusat.


Anggota DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan terlihat santai menanggapi rencana BKD. Pria yang dikenal vokal itu mengaku, apa yang dilakukannya itu sudah sesuai dengan UU.

Anggota DPRD Sumut Januari Siregar yang juga berprofesi sebagai pengacara, menyatakan insiden perampasan palu yang dilakukan Sutrisno Pangaribuan telah melanggar pasal 221 KUHP, karena menghalangi tugas aparatur negara.


"Insiden perampasan palu bisa dikategorikan sebagai perbuatan pidana karena hampir menggagalkan sidang yang merupakan agenda resmi lembaga negara" pungkasnya. (Aasof)

Kareem

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daearh daerah daetah depok Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jakarta Jawa Barat jawatengah jawatimur Jokowi Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa peristuwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata

Epaper

Total Pageviews