PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Gawat..!!! Seluas 2.203 hektare Tanaman Padi Rusak Terkena Banjir

PANTER – MEDAN, Seluas 2.203 hektare lahan tanaman padi di Sumatera Utara rusak terkena banjir yang melanda sejumlah daerah produsen bahan pangan di daerah itu.
“Dari 2.203 hektare itu, seluas 1.157 hektare dilaporkan mengalami puso,” ujar pejabat bagian Pokja Pangan di Unit Pelayanan Teknis Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Dinas Pertanian Sumut, Bukhari, Selasa [25/10].

Dari tanaman yang rusak akibat banjir itu dilaporkan yang terparah terjadi di tiga kabupaten yakni Langkat, Labuhanbatu dan Deliserdang. Di Kabapten Langkat misalnya, lahan yang terkena banjir seluas 1.881 hektare dumana 899 hektare di antaranya mengalami puso.

Tanaman yang terkena dan puso terjadi di enam kecamatan yaitu Sei Lapan, Babalan, Hinai, Stabat, Tanjungpura dan Sicanggang di kab Langkat. Adapun di Labuhanbatu rendaman air banjir menyebabkan terjadi puso seluas 239 hektare di Kecamatan Panai Hilir.

Sementara di Deliserdang, banjir merusak tanaman di Kecamatan Hamparan Perak dan Percut Sei Tuan dengan luasan yang terkena 83,4 hektare dengan seluas 19 hektare di antaranya mengalami puso.

“UPT PTPH Dinas Pertanian sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan kerusakan tanaman yang bisa mengganggu pencapaian swasembada pangan di Sumut.” katanya.

Selain merekomendasikan kepada Petugas Penyuluh Lingkungan (PPL) dan Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) untuk melaksanakan pembersihan saluran-saluran drainase dan parit pembuangan air yang ada di sekitar areal persawahan agar air hujan bisa mengalir lancar, dilakukan juga penanganan kerusakan seperti pembasmian hama.

“UPT PTPH sudah menginstruksikan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) agar meningkatkan pengamatan untuk melihat perkembangan dampak banjir terhadap pertanaman dan mengatasinya,” ujar Bukhari.

Dewasa ini, Dinas Pertanian juga mengaktifkan posko penanganan bencana termasuk kekeringan di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota penghasil bahan pangan.

Kepala Sub Program Dinas Pertanian Sumut, Marino , mengatakan, Dinas Pertanian Sumut memang terus melakukan pengawalan ketat terhadap penanaman dan pemanenan hasil padi petani di daerah itu agar bisa mencapai target produksi 4,6 juta ton di tahun 2016. Pengawalan semakin ditingkatkan karena hasil produksi hingga dewasa ini sudah mendekati target atau 4,403 juta ton. (Kareem) 

Kareem

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daearh daerah daetah depok Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jakarta Jawa Barat jawatengah jawatimur Jokowi Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa peristuwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata

Epaper

Total Pageviews