DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » 9 Ton Bawang Merah Asal Malaysia Berhasil Digagalkan Masuk Indonesia

PANTER – ASAHAN, Petugas patroli Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung gagalkan upaya penyelundupan 9 ton bawang merah asal Malaysia.

Bawang merah tersebut diamankan dari tiga kapal nelayan kecil tanpa nama saat sedang melangsir dari perairan Kuala Bagan Asahan, Selasa (25/10).

Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung, Kasi P2 M Firdaus mengatakan, dari pencegahan tersebut, 5 orang ABK diamankan dari 2 kapal sementara beberapa orang dari 1 kapal lainya berhasil meloloskan diri.

“Dari pencegahan yang kita lakukan, sedikitnya lima ABK kita amankan sementara dari satu kapal lainya berhasil melarikan diri ke hutan bakau,” kata Firdaus.

Dikatakan Firdaus, kelima orang ABK tersebut yakni PA, ZN, S, IB dan I warga  Tanjung balai. Saat ini kelima ABK masih dalam pemeriksaan. Sementara barang bukti telah amankan ke dermaga KPPBC TMP C Teluk Nibung.

Penangkapan itu berawal saat petugas kapal patroli Bea dan Cukai nomor lambung 1508 mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan melintas kapal kayu pengangkut bawang merah dari Malaysia tujuan Tanjung balai.


Lalu petugas Bea Cukai menindaklanjuti informasi tersebut dan melakukan patroli. Saat patroli, dari kejauhan petugas Bea Cukai melihat kapal kayu jalan secara beriringan. Lalu kapal patroli Bea Cukai langsung mendekati kapal kayu tersebut dan menemukan ada bawang yang dibawa di dalam kapal. Saat ditanya tentang dokumen, tekong kapal tidak bisa menujukan surat resmi yang sah. Petugas Bea Cukai langsung meggiring kapal kayu bermuatan bawang ke Dermaga Pelabuhan Teluk Nibung dan dibongkar. (M.Ir)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Kareem

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

Feature

video

Cat-5

Cat-6