DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Walikota Tegaskan Perluasan Pasir Putih sebagai Buffer Zone

PANTER | Depok, Upaya pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan di kawasan Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

Kami alokasikan dana sekitar Rp32 miliar untuk pembebasan lahan sebagai penyangga atau buffer zone agar bau dari TPA Cipayung tidak sampai ke wilayah lain, jelas ini bukan untuk tempat pembuangan sampah. Karena saat ini baunya sudah sampai ke Pasir Putih,” ujar Walikota Depok Mohammad Idris, di DPRD Kota Depok, belum lama ini.

Dirinya berupaya meyakinkan masyarakat melalui sosialisasi yang nantinya dilakukan, bahwa buffer zone dengan luas 10 sampai 11 hektar tersebut bukan untuk perluasan TPA. Nantinya kawasan Pasir putih akan dibuatkan jogging track untuk masyarakat, Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau penghalang lainnya agar baunya terserap.

“Jadi sekali lagi saya tegaskan, buffer zone ini bukan untuk pembuangan sampah tetapi sebagai daerah penyangga. Ini perlu dipahami bersama,” tegas Alumni Gontor.

Ia menginformasikanbahwa Pemkot Depok sudah memiliki kerjasama dengan TPA Nambo, dan dalam kerjasama tersebut dikatakan, jika Depok bisa menangani serta memiliki tempat sendiri dengan pemberdayaan sampah yang ada, maka bisa dimanfaatkan untuk listrik (PLN) dan gas.

“Itu sudah ada orang yang menawarkan ke kami, jika ada warga yang menolak, kami meminta alasannya kenapa mereka menolak. Pemerintah punya wacana dan masyarakat juga berwacana. Saya harap mereka membaca dan memahami Perda RT/RW terkait perluasan di Pasir Putih,” pungkasnya. (Vidyanita/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Ppwi Kota Depok

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6