Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » » » TKI Kurir Sabu Di Jatuhi Hukuman 15 Tahun Penjara dan Denda Rp 10 M
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

M. Yusuf, TKI yang menjadi kurir sabu di ponis bersalah dan dijatuhi
hukuman 15 Tahun penjara dengan denda Rp 10 Miliar
PANTER – ASAHAN, Pengadilan Negeri (PN) Kisaran, Kabupaten Asahan memvonis TKI yang baru pulang dari Malaysia menjadi kurir sabu – sabu 15 tahun penjara. Terdakwa yang diketahui warga Dusun Kubu Raya Desa Meunasah Tengoh, Kecamatan Pandarah, Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh naik kapal tongkang dengan jumlah penumpang 50 orang menuju Tanjung balai. Terdakwa diketahui membawa sabu-sabu seberat 922,40 gram.

Dalam putusannya, majelis hakim diketuai Arsul Hidayat, hakim anggota Boy Aswin Aulia dan Nelly Andriani, dan Panitera M Hasibuan menyatakan, terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana dalam dakwaan subsider melanggar pasal 112 ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan agenda sidang putusan di PN Kisaran, Senin (26/9/2016). Majelis hakim membebaskan terdakwa dari dakwaan primer melanggar pasal 113 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009. Sebelumnya tersangka didakwa dengan dakwaan subsidaritas dengan tuntutan 18 tahun penjara.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa M Yusuf dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp 10 miliar. Apabila denda tidak dibayar, maka digantikan dengan pidana selama 6 bulan,” kata Arsul membacakan putusan.

Setelah menjatuhkan vonis, kemudian Arsul mempertanyakan tanggapan kepada terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sabri Fitriansyah Marbun, dengan memberikan pilihan terima, pikir-pikir atau banding. Atas putusan tersebut terdakwa menyatakan-pikir pikir.

Yusuf ditangkap pada Selasa (5/1/2016) sekitar pukul 18.25 WIB oleh Intel Kodim 0208/Asahan di Jalan Lintas Teluk Nibung Bagan Asahan Sei Apung, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan. Penangkapan ini berawal dari informasi yang diterima intel Kodim 0208/Asahan pada pukul 13.00 WIB. Dalam laporan itu disebutkan mengenai adanya kapal tongkang yang membawa 50 orang TKI dari Malaysia menuju Tanjung Balai. Informasi tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan yang membuahkan hasil dengan dilakukan penyergapan terhadap terdakwa yang saat itu dicurigai membawa sabu-sabu dengan berat lebih kurang 1 kg. Ketika itu dia tengah menunggu jemputan di Jalan Lintas Teluk Nibung Bagan Asahan Sei Apung menuju kampung halamannya di Kabupaten Bireun, Aceh. Setelah itu tersangka dilimpahkan pihak Kodim ke pihak Badan Narkotika Nasioanal (BNN) Kabupaten Asahan untuk proses lebih lanjut hingga berakhir di PN Kisaran dan divonis hukuman selama 15 tahun penjara, karena bertentangan dengan program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. (aasof)

About Kareem

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments