DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Erry Bingung dan Merasa Tak memiliki Pilihan

Tengku Erry  Saat di temua awak media

PANTER | SUMUT, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bingung melihat kebijakan partai pengusungnya pada Pilkada Sumatera Utara 2013, terkait pengajuan calon Wakil Gubernur Sumatera Utara sisa masa jabatan 2013-2018.

Penyebabnya, dua dari lima partai pengusungnya, PKS dan Hanura, hanya mengajukan masing-masing satu nama calon kepada Erry. Partai pengusung pasangan Gatot Pujo Nugroho yang pada saat ini mendekam dipenjara dan Erry pada Pilkada Sumatera Utara 2013 adalah PKS, Hanura, PBR, Partai Patriot, dan PKNU. Erry, yang awalnya Wakil Gubernur menjadi Gubernur Sumatera Utara, karena Gatot terlibat kasus hukum.

Dengan terlibat kasus hukum Gatot secara otomatis posisi Wakil Gubernur kosong. Yang berhak mengajukan nama wakil gubernur adalah partai pengusung pemenang pilkada. Dari lima partai pengusung Erry, baru PKS dan Hanura yang mengajukan calon. "Iya mestinya kan diajukan itu, contohnya lima nama (satu dari setiap partai pengusung). Jadi, ada yang kira-kira dari nama-nama itu (saya pilih)," kata Erry saat ditemui usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD SU. Jumat (23/9).

Untuk dua nama calon wakil gubernur yang telah diajukan, Erry tidak mau berkomentar banyak. Sebab, katanya, proses selanjutnya justru berada di DPRD SU, Erry juga mengungkapkan, alasannya belum menyampaikan usulan calon wakil gubernur ke DPRD SU, Menurut Erry, usulan calon wakil gubernur dari PKS baru diterimanya beberapa waktu lalu. Selain itu, jadwalnya padat melakukan kunjungan ke luar kota. "Saya dapat usulan calon dari PKS itu setelah Idul Adha. Dan, saya banyak tugas keluar kemarin," katanya. Erry mengatakan, usulan calon wakil gubernur telah diterimanya, dan saat ini masih dibahas. Erry mengaku, bakal menyampaikan usulan tersebut ke DPRD SU, setelah tahap pembahasan tuntas.

"Lagi dibahas, nanti akan kita sampaikan. Itu kan prosesnya harus saya usulkan melalui Biro Hukum, Biro Otda dan Asisten," ujar Erry.

 Hal tersebut menjadi alasan penundaan jadwal pemilihan, yang semestinya dilakukan pada akhir September ini. Selain itu, ditundanya proses pemilihan, karena hingga kini Erry belum memberikan usulan dua nama calon Wakil Gubernur ke DPRD SU.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Kareem

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6